Di Bei5000, beberapa hari lalu ada yang bertanya

pak kira2 saham yg cocok untuk investsi jangka panjang berdasarkan fundmental saham apa saja ya pak, mohon bantuan analisisnya ??

terus terang ini adalah pertanyaan yang selalu ditanyakan oleh investor pemula dan jawabannya, sangat sulit bahkan oleh para master juga sulit sekali menjawab pertanyaan ini. Karena tentu saja tidak ada seorangpun yang tau masa depan.

Sebelumnya, untuk mengikuti diskusi di atas, bida langsung aja ke link :

http://bei5000.com/fsocial/share/index.php?id=49933&k=p&in=0

Ada beberapa jawaban dari teman – teman di forum BEI5000 yang menurut saya menjawab pertanyaan di atas,

@andirerei :saham yang produknya dikonsumsi setiap orang, sepanjang zaman, baik dalam keadaan susah/senang, kaya/miskin, damai/perang, dll, pokoknya di segala kondisi, maka dalam hal ini #ICBP, hahahahaha……(soalnya saya sudah pegang lama)
@MrKei klo mnurut saya, untuk investasi yg pasti harus TAU perusahaan yang di inves tuh bisnisnya apa. jangan sampe inves tapi gatau / gajelas bisnis perusahaannya. Slain itu penting juga analisa dari segi macroeconomic sama industrial analisis. Scara singkat sih, kalo sya pribadi yakin macroeconomi bisa brtumbuh pesat taun” mendatang. Kalo industri analisis yang ngomongin tentang gmna prsaingan prusahaan yg mau diinvest dngan kompetitornya. Apakah prusahaanya pnya competitive advantage dibanding yg lain?  Bener sperti yg dibilang pak @andirerei , prusahaany yg bisnisny dikonsumsi orang relatif lebih aman untuk jngka pnjang karna dalam sgala kondisi pasti dibutuhin (konsumsi, bank, dll). Tapi kalo mau invest ke prusahaan yg brgerak di komoditas (cpo, batu bara, dll), ya hrus lebih paham tentang cycle bisnisnya karna komoditas itukan juga sngat fluktuatif.
Intinya adalah investor harus terlebih dahulu mengerti bisnis dari emiten bersangkutan setelah itu, barulah memutuskan untuk investasi.
Menurut saya sendiri, ada beberapa ciri industri yang akan tumbuh dalam jangka panjang.
1. perusahaan Jalan tol, misal #JSMR menurut warren buffet juga layak dijadikan buat investasi sebab bikin jalan tol nya 1x saja namun akan menerima pemasukan dari jalan tol tersebut selamanya, tiap tahun hanya merawat saja, dan tiket jalan tol juga selalu naik mengikuti Inflasi. Di indonesia harga jalan tol biasanya naik 2 tahun sekali mengikuti inflasi. Sehingga Industri jalan tol adalah industri yang anti atau kebal terhadap resiko inflasi
2. #WaltDisney ./ Disney atau perusahaan pembuat film, menurut WB juga layak buat investasi karena film – film nya dibuat berulang – ulang, misal cinderella tiap 7 tahun sekali dibuat lagi filmnya, ide cerita sama namun kemasan berbeda.. dan terus terangf film cinderella terakhir saya cukup suka. Dan yang bnontong selalu penuh 😀
Selain Disney, Marvel juga bagus, spiderman, saya mungkin dah nonton lebih dari 3x film dengan ide xcerita yang sama namun ke masan berbeda, dan tiap kali nonton,. bioskop selalu penuh sampe antri – antri. Di indonesia mungkin belum ada produser film masuk bursa, namun kita ambil logikanya aja.
Mengutip Buffett , “kita cenderung membayar orang lebih mahal untuk menghibur kita daripada mendidik”. Kalau boleh terus terang, kebanyakan kita lebih memilih membayar Rp. 100 ribu untuk nonton berdua, daripada beli buku 100 ribu untuk berdua bukan ? Ada yang bikin komik lucu berikut
Sumber gambar : https://kertaskecilvivi.wordpress.com/2015/01/
Logis bukan, saya bukan mengkritik siapapunm, kita kan oportunis hehe, makanya milikilah saham media 😀 namun di harga yang bagus dan perusahaannya juga harus bagus,klo salah pilih ya ga naik juga sahamnya.
3. Barang sehari – hari Gillette mungkin mirip #ICBP,, selalu dipakai, karena Pria selalu tumbuh kumisnya, namun pisau cukup akan selalu bisa menjadi tumpul, sehingga ada 3 milliar konsumen pisau cukur di dunia. yang tiap minggu akan beli pisau cukur baru. Selain pisau cukur, perusahaan sabun, shampo seperti UNVR juga akan terus dibituhkan produknya.
4. Industri kesehatan, mungkin akan selalu bulish karena tiap hari ada saja orang yang sakit, dan manusia memiliki kecederungan lebih suka meng-konsumsi hal2 yang bikin dia sakit (makann yang tidak sehat). Lebih enak bakar sate bukan, daripada bakar lemak di perut (pengalaman pribadi broo… take beer)
5. Saat ini industri Telekomunikasi pun bisa jadi mirip industri jalan tol, bangun menara nya sekalitapi dibayar berkali2 .. Saya rasa #TLKMkalau mau investasi buat jangka panjang bisa banget lah. Selama tidak ada lagi perang tarif, #TLKM akan bisa terus bertumbuh. Dan saat ini eranya Telekomunikasi menjadi Entertain, lihat poin nomer 2
Sementara  Mungkin industri yang saya kurang suka buat jangka panjang adalah komoditas, karena harga saham komoditas dan kondisi perusahaan komoditas (OIL, CPO, Nikel, Tambang, Logam) sangat bergantung pada harga komoditas tersebut dan juga pada ekonomi dunia. Sehingga untuk jangka panjang saya tidak rekomend, namun sebaliknya untuk jangka pendek – menengah, kalau pas lagi naik, saya paling suka trading yang komoditas
Facebook Comments

News Reporter

1 thought on “Ciri – Ciri Saham Yang Cocok Untuk Investasi Jangka Panjang

Leave a Reply

%d bloggers like this: