Contoh Kasus MACD ERAA

ERAA
ERAA

ERAA adalah salah satu contoh MACD yang baik. Dimana hingga saat ini signal MACD pada ERAA cukup akurat. Dalam MACD, ada dua istilah penting, yaitu Golden Cross dan Deadth Cross. Golden cross berarti perpotongan signal line dengan MACD line dimana MACD (sumbu biru pada chart di atas) bergerak dari bawah ke atas dan menembus signal line (sumbu merah). dan sebaliknya deadth cross adalah sumbu biru menembus ke bawah sumbu merah (MACD line menembus ke bawah signal line).

Golden cross 

Golden cross berarti signal positif atau signal bullish. Biasanya jika suatu saham yang dalam fase bearish mengalami MACD Golden Cross, maka golden cross MACD tersbeut merupakan signal pembalikan arah.  Contohnya bisa dilihat di bawah ini

ERAA MACD REVERSAL SIGNAL
ERAA MACD REVERSAL SIGNAL

Bisa dilihat pada chart di atas, ketika muncul signal MACD golden cross, dalam kasus ERAA 2 kali berturut – turut, ERAA naik terus. Padahal dari segi trend, ketika muncul signal golden cross MACD, saham ERAA masih dalam trend downtrend.  Dan sebaliknya ketika muncul signal deadth cross, harga cenderung akan turun, walau dari sisi trend sebenarnya masih dalam trend uptrend.

Hanya menggunakan uptrend dan downtrend, trader cenderung  isa terlambat. Karena uptrend dan downtrend memerlukan data perdagangan yang cukup panjang. Karena untuk menentuka trend baik uptrend maupun downtrend, diperlukan pola higher high – higher low (uptrend) atau lower high – lower low (downtrend). Sehingga seringkali telat, apalagi buat trader pemula. MACD merupakan salah satu tool untuk menentukan kekuatan trend. Deadth cross berarti trend uptrend  ada kecenderungan melemah dan bahkan bisa berbalik arah. Sebaliknya Golden cross berarti yang awalnya trend downtrend ada kecenderungan trend downtrendnya melemah dan bahkan bisa berbalik menjadi uptrend. Sehingga dengan adanya MACD, trader dapat memprediksi kekuatan trend ke depannya untuk mengambil keputusan trading.

Bisa dilihat lagi chart di atas, bagi darvaster, dia akan beli di 1730 karena di harga 1730 adalah harga all time high untuk ERAA. Sementara pengikut MACD bisa beli di kisaran 1620 saat MACD ERAA golden cross. Berbeda Rp. 110 lumayan jauh juga kan. Walau saya pribadi agak lebih suka dengan darvaster (beli di harga high) namun tidak ada salah nya mengetahui sedikit tentang MACD.

Cara menggunakan MACD 

Cara menggunakan MACD mudah saja.

1. Ketika MACD golden cross = BUY

2. Ketika MACD Deadth cross = SELL

Dan karena sementara ini ERAA masih belum deadth cross, oleh sebab itu masih bisa tetap kita hold ya..Happy cuan

Tambahan dari diskusi di FB :

DISKUSI FACEBOOK
DISKUSI FACEBOOK

Contoh kasus lain :

JSMR MACD

JSMR MACD

Video Tentang MACD Dengan Contoh Kasus BMTR

MA atau Moving average Adalah salah satu tool teknikal untuk mempelihatkan trend harga saham.

Lebih lanjut tentang MACD ,

saya rekomendasikan membaca buku Menguasai MACD dan MA. Hanya tersedia EBOOK nya di google play

Menguasai MACD dan MA

Menguasai MACD dan MA

 

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: