CUT LOSS

Cut loss memang suatu topik yang menyakitkan untuk dibahas, namun merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh trader. Bisnis pasar modal adalah bisnis probablilitas. tugas trader adalah menjaga posisi resiko sekecil mungkin. Sehingga ketika ada suatu saham yang turun, maka trader harus mengambil tindakan untuk meminimalisir resiko.

Cut Loss 

Cut Loss merupakan tindakan untuk mengamankan modal dari kerugian yang lebih besar . Cut loss diperlukan karena tidak ada yang tau sampai sebatas mana suatu saham bisa turun,. Bahkan saham dengan fundamental bagus sekalipun bisa turun dalam, saham Blue Chip juga bisa turun . Dan apa yang hari ini merupakan saham B lue Chip bisa jadi besok adalah saham gorengan, tidak ada yang tau masa depan

Cashflow

Sebagai trader, tentu uang kita BUKAN tidak terbatas, namun memiliki batas, sebagai pedagang yang diperlukan adalah perputaran modal, dan tanpa cut loss di saham yang rugi, anda tidak bisa membeli saham lain yang lagi naik.

Menjaga Emosi Trader

Ini adalah pengalaman pribadi saya dan saya rasa banyak trader yang juga mengalami, saat portofolio merah, emosi ini rasanya tidak stabi, namun setelah cut loss, emosi menjadi stabil dan bisa berpikir dengan objektif.

Habis cut loss malah rebound lagi

ini banyak ditanyakan ke saya “pak, habis cut loss gimana klau rebound lagi ? ”

Tentu setiap tindakan di pasar modal memiliki resikonya masing – masing. Namun ingat kita ga tau masa depan, yang bisa kita perbuat hanya mengamankan modal. Hari esok tiada kutau.

Infografis Cut Loss

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: