Mahasiswa

Mahasiswa adalah posisi terakhir sebelum seseorang akhirnya keluar dari institusi pendidikan menuju ke institusi pekerjaan, maupun rumah tangga. Seringkali dalam posisi mahasiswa , uang menjadi topik penting. Di satu sisi mahasiswa biasanya belum menghasilkan uang, di sisi lain, pengeluaran begitu banyak. Dari pengeluaran wajib seperti uang kost, bensin, cetak bahan kuliah hingga pengeluaran tidak wajib seperti kebutuhan sosial dan transportasi yang lebih canggih.

Sindrom 500

Saya sebut sindrom 500 , ter inspirasi dari salah satu page di FB yang berjudul Kebahagiaan Mahasiswa, Merupakan suatu sindrom dimana awal bulan saat uang bulanan diterima , uang recehan dibuang, namun di akhir bulan, kembali dicari – cari untuk membeli kebutuhan pokok.

Tanggal 7

Biasanya uang bulanan yang didapat habis setengah  dalam waktu hanya 1 minggu, sisanya 3 minggu hidup dengan setengah uang bulanan. Bahkan kalau extrim, 1 minggu sudah habis 80% uang bulanan.

Bagaimana Bijak Dengan Uang Bulanan

Menabung

Mulailah belajar menabung, di awal bukan di akhir, awal bulan sisihkan uang bulanan untuk ditabung, tidak harus banyak, mulailah dari kecil, misal 5% uang bulanan langsung ditabung, kalau dirasa mampu, bisa lebih besar lagi prosentasenya

Prioritas

Atur prioritas anda, dan berjalanlah dalam priosritas. Misal merokok bukan prioritas anda, berarti harus berhenti atauy mengurangi uang untuk rokok.

Investasi

Pada dasarnya menabung dalam jangka panjnang akan rugi karena kenaikan harga barang lebih besar daripada bunga tabungan. Disini perlu belajar investasi, minimal reksadana.

Reksadana bisa dibaca lebih lengkap di : 

http://bei5000.com/2015/04/08/reksadana-solusi-investasi-karyawan-dan-ibubapak-rumah-tangga/

Berkembang

Berkreasi dan berkarya, bagaimanapun berhemat ada batasnya, menambah pendapatan tiada batas. Keduanya harus seimbang

Belajar mengatur keuangan harus sejak dini, investasi pun paling menghasilkan jika dilakukan sejak dini.
Jangan menunggu untuk mulai ber-investasi, walau masih dalam jumlah yang kecil.

 

Investasi Untuk Mahasiswa
Investasi Untuk Mahasiswa
Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: