Akhir – akhir ini industri kreatif di indonesia mulai berkembang. Kalau dulu Indonesia di dominasi oleh perusahaan – perusahaan yeng menjual bahan mentah , saat ini mulai bermunculan perusahaan – perusahaan di industri kreatif yang menjual jasa.

Dan Cukup banyak juga perusahaan baru tersebut yang bergerak di layanan Online (Internet) dan dikenal sebagai sebutan perusahaan start up.

Menyelesaikan Masalah Dengan Cara Baru

Mau tidak mau , saat ini kita berada di era yang baru. Era dimana hampir semua orang bawah HP kemana – mana dan semuanya terhubung dengan Internet. Saya tidak pernah berada di lingkungan , diman atidak ada orang yang tidak punya HP.

Bahkan saat ini tukang ojek pun pakai HP dan menggaet pelanggan dengan HP seperti GoJek.

Ada ahli yang menyebutkan bahwa internet mengubah cara hidup kita. Dan ini benar adanya, bayangkansaja kalau dulu sekeluarga pergi ke mall buat makan malam, semua ngobrol. Saat ini sekeluarga pergi kemall, bukannya ngobrol, malah masing – masing main HP. Mungkin ngobrolnya lewat HP kali ya 😀

Perubahan cara hidup ini, juga sekaligus membuat cara kita menyelesaikan masalah pun berubah.

Dalam kasus Gojek, cara kita mencari Tukang Ojek menjadi makin mudah, dan Tukang Ojek pun mendapatkan order dengan makin mudah. Ini adalah hasil perubahan jaman. Dan mereka yang tidak bisa mengikuti perubahan ini akan terseret dan kalah dalam perubahan jaman. Oleh sebab itu GoJek sempat menjadi kontroversi di beberapa daerah yang melarang beroperasinya ojek Online.

Komunikasi Sebagai Sumber Solusi

Ada ahli biologi yang mengatakan bahwa salah satu perbedaan Manusia dari Hewan adalah manusia mampu berkomunikasi dengan lebih baik daripada hewan. Sehingga manusia menjadi mahkluk yang dominan di planet bumi ini.

Sehingga tidak salah apabila komunikasi menjadi sumber solusi bagi berbagai masalah. Bahkan saat ini industri telekomunikasi adalah salah satu industri yang paling kaya di planet ini.

Cara Baru Dalam Berkomunikasi

Sebagai akibat perubahan jaman, saat ini semua orang pegang HP dan terhubung dengan internet, membuat cara kita dalam berkomunkasi da ber bisnis pun berbeda.

Dulu kalau saya punya barang bekas, saya harus pergi ke toko barang bekas dan memajang barang saya disana. Kalau laku akan dihubungi. Atau saya baisa juga jual kel tukang loak dengan harga yang murah.

Namun saat ini dengan adanya teknologi, saya bisa menual barang bekas saya di OLX.com.

Sebaliknya, dulu kalau saya ingin mencari suatu barang bekas, saya harus ke tokok barang bekas atau ke pasar loak buat cari barang bekas yang sesuai kebutuhan. Saat ini tinggal buka OLX.com , ada banyak orang yang menjual barang bekasnya disana. dan tinggal KLIK bisa langsung terhubung dengan penjual.

Akitat dari perubahan cara kita dalam berkomunikasi, sebenarnya membuka banyak sekali paluang usaha bagi anda yang ingin membuka usaha start up. intinya adalah Pandai – pandailah melihat peluang dalam perubahan jaman, maka anda akan menjadi pemenang.

 

BEI5000.COM

Saya sendiri juga saat ini membangun perusahaan yang bergerak secara Online ya bisa dikatakan perusahaan start up juga :D. Nama web nya BEI5000.COM.

Inti dari usaha ini adalah saya ingin membangun sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan brokerage (Layanan perantara jual beli saham), secara online.

keunggulan kami bergerak secara online adalah kami tidak harus memiliki modal yang besar. Biosnis brokerage konvensional, biasa menggunakan ruko sebagai gallery atau kantor. Namun setelah saya survey – survey, ternyata kebanyakan gallery isinya kosong, hanya ada pegawai dari perusahaan itu sendiri dan terakdang 1-2 nasabah. tapi selebihnya kosong melompong.

Dan saya punya ide, karena sewa ruang menjadi tidak efektif, maka kenapa kita harus sewa ruko yang setahunnya harga sewa bisa mencapai Rp. 50 – 100 juta (di bandung).

Alhasil akhirnya kami mulai mengembangkan Web yang menyajikan analisa harian, serta komunitas dan dari sana para pembaca diajak untuk bisa bergabung dengan kami.

Dan hingga saat ini hasilnya lumayan, website bei5000  berada dalam kondisi profit,. mendapatkan nasabah tanpa harus membuka kantor cabang.

Keunggulan lainnya adalah, karena kami tidak memiliki kantor, maka tidak ada halangan geografis untuk kami. Dan nasabah bei5000 bukan hanya berasal dari bandung, namun dari seluruh Indonesia tanpa batasan ruang.

Menurut saya model bisnis seperti ini mulai bisa dijalankan di Indonesia mengingat Internet di Indonesia sudah cukup maju.

 

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: