Masalah adalah Tambang Emas

Waktu saya jalan – jalan ke salah satu supermarket di kota bandung, Ada satu hal yang menarik perhatian saya. Yaitu supermarket tersebut menjual bawang merah dan bawang putih dalam bentuk yang sudah dikupas. Menurut saya hal ini menarik. Menarik karena saya sendiri di rumah juga kadang suka masak untuk keluarga, dan salah sat maslah terbesar waktu memasak adalah kalau harus mengupas bawnag putih dan bawang merah.

terus terang sebagai orang indonesia, apalagi saya yang adalah pecinta bawang, adalah suatu keharusan setiap makanan yang saya masak harus mengandung unsur bawang putih dan bawang merah. Dan karena tidak mau repot, maka setiap hari saya minta asisten rumah tangga untuk sering – sering menyediakan 10 butir bawang putih dan bawang merah yang sudah dikupas.

kembali ke bawang “siap saji” yang dijual di supermarket, saya pikir ini adalah suatu contoh brillian bagaimana supermarket tersebut menyediakan solusi bagu hampir semua ibu / bapak rumah tangga yang memasak di rumah.

Masalah

Masalah disini adalah , bawang putih dan bawang merah merupakan komponen yang banyak ditemui pada makanan indonesia, sementara banyak ibu / bapak rumah tangga yang merasa malas kalau harus mengupas bawang.

Solusi

KArena mengupas bawang putih dan bawang merah merupakan pekerjaan yang menjemukan, maka penjualn Menjual bawang putih dan bawang merah yang sudah dikupas , berpotensi meningkatkan penjualan, karena konsumen akan berpikir, mendapatkan manfaat lebih ketika membeli bawang putih dan bawang merah di supermarket tersebut daripada harus beli di pasar yang belum dikupas.

Apa yang Orang butuhkan

Menurut saya bisnis yang baik adalah bisnis yang tidak rumit. anda mencari tau apa yang orang butuhkan dan anda menyediakan apa yang orang butuhkan. Memang terkadang proses mencari apa yang masyarakat butuhkan memang tidak mudah,. Namun apabila anda memenukan apa yang orang butuhkan dan anda menjadi solusi kenutuhan tersebut, maka uang akan datang dengan sendirinya.

Contoh Kasus

Gojek

Gojek menghubungkan antara pemilik motor yang ingin bekerja sebagai tukang ojek, dengan masyarakat yang membutuhkan jasa transportasi. Disini gojek sendiri mungkin tidak punya motor, namun dia hanya berfungsi sebagai penghubung saja. Disini jelas, ada yang butuh pelanggan dan ada yang butuh ojek. dan gojek sebagai solusinya

Masalah : Transportasi Kendaraan Roda Dua, Solusi : Pemakai dan penyedia jasa dihubungkan dengan Gojek

WhatsAPP

Kalau dulu berkomunkasi adalah salah satu biaya yang mahal, saat ini dengan adanya whats app biayanya menjadi semakin murah.

Masalah : Biaya Komunikasi, Solusi : Whatsapp

Postcron

Bagi anda yang berkecimpung di bidang Onlinedan memakai twitter sebagai salah satu media, maka sering kali meng-tweet suatu postingan berulang kali serasa melelahkan.  Saya memakai jasa postcron untuk meng-tweet berbagai tweet secara periodik.

Masalah : tweet berulang , Solusi : post cron

Lebih jelas bisa dilihat di infografis berikut ini

 Untitled Infographic (31)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s