Menurut saya, jaman ini adalah jamannya kolaborasi (mengajak kerjasama). Biaya untuk bersaing akan terlalu besar sementara mengajak pesaing berkolaborasi akan membuat usaha semakin maju.

Contoh paling nyata ada di tangan anda.

Kalau saat ini anda memakai HP android, ada bisa buka google play. Dan disana ada jutaan aplikasi yang 99,99% BUkan buatan  google. Android sendiri adalah milik google, namun 99,99% aplikasi yang ada disana bukan buatan google.

Inilah kolaborasi. Google mengajak semua pengembang softaware untuk bekerja sama dan membuka ruang sebesar – besarnya untuk pengembang memasukan aplikasi mereka ke sistem android.

Usaha Apa Yang Bisa Dikerjakan Bersama

Salah satu cara untung mengurangi persaingan dan meningkatkan kolaborasi adalah memikirkan usaha apa yang bisa dikerjakan bersama – sama .

Misalnya saat ini anda sebagai market leader suatu industri, ketika muncul pesaing, ajaklah pesaing tersebut bekerja sama, sehingga akan memperkuat posisi anda di pasar, sambil anda juga mendapatkan keuntungan secara financial.

Salah satu kolaborasi yang coba kami (bei5000.com) lakukan adalah , kami membuka ruang sebesar – besarnya bagi penulis buku saham untuk menjual buku di web kami. Tentu dengan pembagian hasil yang menarik.

Dan tidak kami sangka, bahwa hasil jualan buku dari pihak lain, juga cukup bagus. Dan memberikan kami profit “gratis”  tanpa penjualan peroduk yang kami buat sendiri menurun.

Bahaya Persaingan

Bersaing pada dasarnya adalah sesuatu yang bagus, kita menjadi lebih maju, berpikir lebih keras dan konsumen pun akan diuntungkan karena mendapat produk yang makin berkualitas.

Namun baahayanya adalah apabila terjadi persaingan tidak sehat apalgi banting harga.

Sebagai contoh, di kota kelahiran saya, biasanya orang jual Air Galon isi ulang seharga Rp. 6000. Tiba – tiba karena ingin bersaing mendapatkan pelanggan ada satu pihak yang banting harga menjual seharga RP. 3000 per galon. Lucunya, hanya kira – kira 20 meter dari tempat jual Air galon tersebut. Ada pesaing yang langsung nating harga lagi menjadi RP. 2500 per galon. ini kan Gila. Membunuh usaha itu sendiri.

Memulai Kolaborasi

  • Mulai dari keunggulan anda,misal saya memiliki traffic web yang tinggi
  • Lanjutkan kepada apa yang tidak anda punya atau kekurangan anda. Misal saya tidak punya produk, atau produk saya kurang, saya mau menjual lebih banyak lagi.
  • Cari orang lain pemilik produk/supplier , yang membutuhkan saluran penjualan
  • Tawarkan untuk menjadi agen penjual

Ada banyak lagi cara untu memulai kolaborasi, intinya adalah, the more you share, the more you get.  

 

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: