Ada beberapa hal yang bikin saya jengkel ketika mengunjungi suatu restoran dan membuat saya berjanji tidak akan lagi kembali ke restoran tersebut. Mungkin bagi anda yang membuka resto tulsan saya ini disa dijadikan masukan. Sekalian curhat 😀

Waktu

Businessman in a hurry Free Vector

Bagi saya, waktu penyajian adalah salah satu faktor paling utama bagi suatu restoran agar bisa bertahan. Saya sering lihat restoran – restoran yang menunya tergolong biasa – biasa saja, bisa bertahan karena waktu penyajian yangs angat cepat. Sebagai contoh saja McD dan KFC. Menunya biasa saja, namun terus – terusan ramai walau harga nya tergolong tidak murah.

Faktor utama dalam membuka restoran adalah faktor penyajian. Karena apabila sudah lapar, waktu 1 menit bisa terasa seperti 10 menit,d an 10 menit seperti berjam – jam. Apalagi pernah saya kunjungi restoran, yang memerlukan waktu jampir 1 jam untuk menyajikan makanan. Pernah kami cancel pesanan.

Harga

Tidak dapat dipungkiri bahawa harga adalah salah satu faktor utama konsumen dalam memilih menu. Harga yang terlalu mahal akan membuat konsumen berpikir dua kalu untuk membeli makanan yang disajikan restoran.

Namun dalam konteks harga, bagi saya, lebih baik memberikan harga yang mahal kepada suatu menu yang bisa disajikan dengan baik, daripada harga murah, namun makanan yang disajikan asal – asalan.

Kesegaran

Fresh food background Free Vector

Masih berhubungan dengan poin harga di atas, Sebagai contoh, salah satu restoran yang  isteri saya kunjungi, menyajikan menu Chicken Wellingtin dengan harga RP. 45.000 (belum tax). Dan itu adalah resto yang cukup mewah. Sehingga sebenarnya chicken wellington seharga  Rp. 45.000 tergolong murah.

Sebagai informasi, chicken/beef wellington adalah suatu medu daging yang  dibalut dengan pastry.

Sehingga harapan kami ketika membeli Chicken wellington adalah, memiki komponen Daging ayam serta pastry. Ternyata setelah menu disajikan, posisi ayam tidak dibalut dengan pastry , namun merukan dua komponen terpisah. Dan yang lebih parah lagi, pastry nya sendiri sudah layu karena mungkin dimasak dari pagi. Sementara yang kami harapkan, Minimal pastry nya masih segar.

Karena makanan yang segar, apalagi pastry yang segar adalah makanan yang sangat enak. Pastry kalau sudah tidak segar, akan cenderung agak keras, serasa makan tepung dicampur air.

Standart Rasa

Yang juga bikin kami jengkel ketika berkunjung ke suatu restoran adalah, rasanya bisa beragam. Maksudnya adalah hari ini ke resto makan ayam rasanya enak, besok lagi kesana pesan makanan yang sama , tapi hasilnya jauh berbeda.

Konsumen ketika memutusakan untuk mengunjungi lagi suatu restoranuntuk yang kedua kalinya, aakn berharap rasa yang sama dengan kunjungan sebelumnya. Sehingga ketika ada perbedaan rasa yang signifikan, maka restoran bisa kehilangan langganan.

Contoh paling bagus mengenai masalah standart rasa, mungkin bisa kita lihat pada resto cepat seji seperti KFC, McD dan lain 0 lain. Makanan yang mereka sajikan biasa saja, namun jelas. Ketika konsumen ingin makan KFC,  maka konsumen tidak akan kecewa karena sudah pasti rasa makannya sama . Dari 10tahun yang lalu hingga hari ini , rasa KFC tetap sama.

Makanan Sehat + Non MSG

Akhir – akhir ini saya paling menghindari tempat makan dengan tag-line Makanan Sehat + Non MSG. ya idenya sih bagus, ada faktor kesehatan yang dibawa.

Namun saya sering kecewa karena biasanya rasa makanan dari resto yang membawa tagline kesehatan, biasanya tidak enak. Sementara tujuan utama saya makan di restoran adalah agar mendapatkan variasi rasa yang enak .

Enak tidak harus non MSG, kadang resto sehat memisahkan lemak dari daging. Dan kadang bahkan salah memlih daging. Contohm emakai daging has (tanpa lemak) dalam untuk rawon. Sehingga rasanya tidak seenak yang daging berlemak.

Saya mikir, kalau mau makan sehat ya di rumah aja, sam aisteri bisa masak sendiri. Sementara kalau makan di luar, makan di resto, kita maunya yang enak 😀

Dan mungkin banyak yang mikir seperti saya 😀 jadinya resto – resto yang menyajikan makanan sehat saya perhatikan kadang kurang bertahan.

Facebook Comments
News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: