Kalau saya review, ada beberapa kegiatan sehari – hari yang sangat menghabiskan waktu saya , antara lain

Kemacetan dan Antrian

Buat kita – kita yang hidup di kota  besar di Indonesia, masalah kemacetan adalah masalah utama yang banyak sekali menghabiskan waktu. Oleh sebab itu saya akhir – akhir ini berusaha mengerjakan berbagai kegiatan dari rumah. Sehingga waktu untuk bekerja dan keluarga bisa lebih optimal.

Tipsnya adalah ,

  1. kalau ingin jalan – jalan ke luar kota , usahakan jangan hari sabtu – minggu karena akan bersaing dengan wisatawan lainnya :D.
  2. Belanja bulanan ke supermarket pada hari senin pagi , sehingga tidak terjebak antrian di kasir. Pengalaman saya kalau belanja di supermarket hari minggu, antrian kasir bisa 30 menit
  3. Apabila memungkinkan, Olahraga di sekitar lingkungan perumahan
  4. Manfaatkan e-banking daripada harus bolak – balik ATM untuk transaksi keuangan

Bekerja Untuk Memenuhi Keinginan

Ada perbedaan antara Keinginan dengan Kebutuhan. dan kadang saya akui perbedaannya tipis 😀 . Salah satu hal yang menghabiskan waktu adalah bekerja untuk memenuhi keinginan.

Jujur saya ini orangnya rada gendut, hobi saya makana enak , dan kadang makan enak di restoran mewah menghabiskan banyak uang. Dan uang didapat dari bekerja, dan bekerja memerlukan waktu.

Sehingga jika saya bekerja untuk bisa makan di restoran mewah, itu sesungguhnya adalah sesuatu yang menghabiskan waktu, Apalagi kadang waktu antriannya cukup lama.

Maksud saya gini, pikirkanlah, apakah layak anda mengambil waktu kerja lembur 2 jam, untuk dibelikan Steak yang habis hanya dalam waktu 30 menit ?  Atau apakah layak, gaji anda 3 bulan , habisa hanya untuk beli smartphone  keluaran terbaru ?

Yang saya lihat cukup parah juga, banyak orang yang bekerja untuk bisa jalan – jalan ke luar negeri. Sebelumnya say harus bilang , untuk tiap – tiap orang memang berbeda.

Untuk saya sendiri tidak masuk akal bekerja hanya agar bisa jalan – jalan ke luar negeri. Sekali jalan ke luar negeri mungkin bisa menghabiskan 3 bulan hingga 6 bulan pendapatan. Menurut saya, kalau memang ada uang lebih bisa dipakai buat jalan – jalan ke luar negeri. Namun sangatlah tidak bijak bekerja hanya untuk bisa jalan – jalan.

Jangan sampai waktu anda yang berharga habis untuk memenuhi gaya hidup anda,

Media Sosial

Kadang – kadang waktu mulai buka media sosial misal FB atau Twitter, waktu 30 menit hingga satu jam tidak terasa. Saya sering alami itu, jam 1 siang buka FB, tiba – tiba sudah jam 1.30 dan kadang sudah jam 2 siang. Waktu 1 jam berlalu dengan sia – sia

Apalagi akhir – akhir ini banyak video menarik di FB yang bikin waktu lebih banyak terbuang.

Nonton TV

terus terang saya oranganya suka nonton TV, sehingga kadang waktu habis berjam – jam untuk nonton TV. Tidak masalah menonton TV asalkan waktu nya diatur. Agar menonton TV Bisa lebih berguna, tontonlah tayangan yang bermutu sehingga bisa memberikan inspirasi.

Biasanya saya dapat ide – ide baru kalau nonton National Geography, atau Discovery channel . Saya paling menghindari nonton Sinetron ataupun talkshow.

 

 

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: