Sadar atau tidak, waktu adalah sebuah komoditas yang pailng berharga. Kalau uang hilang bisa balik, tapi kalau waktu hilang tidak akan bisa balik. Dengan waktu kita bisa menghasilkan uang, namun uang tidak bisa membeli waktu. Dengan uang memang bisa meng-optimalkan waktu yang kita punya, namun tidak bisa membeli tambahan waktu.

Sehari anda cuman punya 24 jam, mau sekaya apapun anda, waktu yang anda miliki sehari hanya 24 jam saja. Sehingga yang bisa kita lakukan dengan waktu adalah menggunakannya dengan bijak.

Menurut saya waktu 24 jam yang kita punya dalam sehari , jika di gunakan dengan optimal akan lebih dari cukup. Sementara kalau tidak dipergunakan dengan baik, tidak akan cukup.

Ada beberapa tips agar waktu menjadi optimal.

“Membeli” Waktu dengan Menyewa Pegawai

Satu – satunya cara untuk “membeli” waktu adalah dengan menyewa pegawai. apabila anda punya uang, gunakan uang anda untuk menyewa pegawai , untuk mengerjakan hal  – hal yang bisa dikerjakan oleh pegawai. Sehingga anda bisa mengunakan waktu anda untuk mengerjakan kegiatan yang lebih penting lagi.

Bangun Sistem Kerja

Terkadang hal yang sangat membuang waktu adalah mengerjakan hal – hal yang rutin setiap harinya. Misalnya setiap hari harus download data, ini bisa di akali dengan membuat sistem komputer yang mengerjhkan secara otomatis.

Atau apabila anda berkecimpung di dunia internet marketing yang menghasukan anda posting di twitter setiap hari, anda bisa menggunakan postcron.com (fasilitas penjadwalan posting twitter otomatis) untuk membantu anda .

Waktu Luang

Terus terang saya merasakan ada banyak sekali waktu luang, yang saat ini belum saya manfaatkan dengan baik. Misal saat menunggu antrian di bank atau pada saat menyetir mobil.

Khusus ketika menunggu antrian, bagi saya yang pekerjaannya menulis, saya bisa menggunakan waktu menunggu antrian dengan membawa buku catatan dan menuliskan konsep – konsep apa yang ingin saya tulis nantinya. Karena bagi saya, membuat konsep tulisan, adalah setengah dari pekerjaan.

Kerja Sesuai Daftar Prioritas

Namanya kerja, tidak akan habisnya. Pasti ada saja hal yang harus dikerjakan. Oleh sebab itu buatlah daftar priotitas, hal – hal apa  saja yang harus anda kerjakan hari ini, urutkan dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting, setelah itu kerjakan yang paling penting terlebih dahulu.

Apabila nanti ada yang tidak anda kerjakan , tidak apa – apa karena anda tidak mungkin mengerjakan semuanya.

MIsal daftar kegiatan hari ini :

  1. Baca Facebook
  2. Kerja
  3. Olahraga
  4. Balas Email
  5. Nonton TV

urutan Berdasarkan Skala prioritas

  1. Kerja
  2. Olahraga
  3. Balas Email
  4. Baca Facebook
  5. Nonton TV

Kerjakan yang nomer satu dulu berdasarkan sakala prioritas, apabila selesai, kerjakan nomer dua dan seterusnya. Tidak masalah apabila anda hanya mengerjakan sebagian dari kegiatan anda, asalkan yang anda kerjakan adalah yang paling prioritas

Facebook Comments
News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: