Dari pengamatan saya, banyak produk makanan yang akhirnya berakkhir dengan kegagalan. berikut beberapa tips membuat produk kuliner yang laku di pasaran

Pasangan Yang Tepat

Pasangan menu yang tepat akan sangat berpengauh terhadap kenikmatan makanan. MIsal Protein Ayam , Kambing dan Kedelai (Tahu, tempe) akan cocok dengan Kecap manis dan bawang merah. Sehingga menyajikan Daging ayam , bawang merah dan kecap manis akan menjadi citarasa yang menyatu.

Kerenyahan

Kalau anda berniat membuat produk makanan dengan tepung, misal Chicken Katsu, pastikan saat disajikan tepungnya tetap renyah. Pastikan juga benar – benar fresh. Sebab gorengan bertepung akan menjadi tidak enak kalau sudah melempem.

Sambel

Ini penting sebagai orang indonesia, sambel tidak dapat dipisahkan dari makanan sehari – hari. banget, pemilihan sambel yang tepat akan memberikan citarasa lebih lengkap, sementara kalau salah, bisa membahayakan citarasa makanan.

Untuk protein Ikan terutama, sambel yang cocok adalah sambel dabu – dabu, dengan campuran jeruk nipis, akan menghilangkan rasa amis dari ikan.

Sementara untuk nasi kuning, sambel terasi dan sambel oncom bisa jadi pilihan. Sangat tidak cocok nasi kuning pakai sambel dabu – dabu

Tahu tempe goreng, paling enak pakai sambel tomat terasi.

Nasi

Karena orang indonesia makanan pokoknya adalah nasi, maka nasi memegang pernan penting dalam rasa makanan. Bagi saya walau masakanya enak, namun nasinya salah, akan menurunkan mayoritas nilai rasa makanan.

Tips terpenting adalah, jagalah kualitas nasi, pastikan nasi yang disajikan jangan lebih dari 6  jam setelah dimasak. Untuk makanan yang kering, pastikan nasinya agak basah, dan sebaliknya, untuk makanan yang basah pastikan nasinya agak kering.

Hindari Makanan Yang Terlalu “Sehat”

Makanan yang anda sajikan memang harus sehat, namun hati – hati, orang lebih memilih sate kambing dengan lemak daripada tanpa lemak, walaupun lebih sehat. Cita rasa makanan menjadi tujuan utama masyarakat makan di rumah makan.

Pilih Makanan Sehari – hari

Tidak perlu membuat menu terlalu canggih, menu sehari – hari yang sering dimakan terbukti lebih laku. Terbukti, rumah makan padang ada dimana – mana dan rata – rata cukup bertahan.

Daripada membuat menu spektakuler yang hanya sekali – kali dimakan, lebih baik buatlah meu sederhana yang orang sering konsumsi. Misal Nasi kuning, nasi uduk, pecel, atau ayam goreng.

Pilih Menu Harga Terjangkau

Tidak sedikit konsumen yang memperhatikan kantong sebelum membeli makanan. Pastikan menu yang anda buat, dapat dijangkau oleh daya beli tempat jualan. Jangan menjual Steak Salmon di pinggir pasar.

Konsistensi

Pastikan bahan – bahan makanan yang anda buat tersedia di pasar lokal, jangan sampai memakai bahan yang kadang ada kadang tidak ada, karena akan membuat rasa makanan menjadi tidak konsisten dan pelanggan bisa kecewa

Sesuai Ekspektasi

Jangan aneh – aneh kalau bikin menu. Sebagai contoh , saya sama isteri pernah pesan beef wellington, Harapan ketika membeli beef wellington adalah daging di dalam balutan pastry. Yang keluar ternyata pastry di atas daging. Tentu saja kami kecewa.

Memiliki interpretasi tersendiri pada suatu menu yanhg terkenal sah – sah saja. Namun tentu resikonya juga lebir besar

Facebook Comments
News Reporter

1 thought on “9 Tips Membuat Produk Makanan

Leave a Reply

%d bloggers like this: