7 Tips Marketing Media Sosial

Email

Email adalah salah sata sarana marketing yang paling efektif. Selalu ingat untuk membangun database email yang bisa anda kirimkan penawaran promosi.

Tips Marketing Email :

  1. Kirimkan email marketing maksimal 2-4x per bulan agar tidak dianggap mengganggu.
  2. Dari pengalaman, hari sabtu dan senin (pagi) adalah hari dimana email marketing mendapatkan response paling banyak
  3. Sertakan diskon agar lebih menarik
  4. Salah satu cara untuk membangun database email adalah dengan tawaran untuk menjadi anggota komunitas atau membagikan produk gratis / freebie sebagai ganti alamat email yang diberikan.

Twitter

Pengguna twitter di Indonesia sangat banyak,serta responsive, sampai – sampai beberapa acara TV terkenal menggunakan media twitter. Walaupun panjang maksimal per twit hanya 140 karakter, namun terbukti twitter saat ini menjadi salah satu media sosial paling banyajk pengguna di dunia.

Tips twitter :

  1. Selalu menggunakan Hashtag (#) sesuai dengan topik yang anda sedang bicarakan misal #kuliner , #ekonomi #marketing dan lain lain
  2. Berikan ruang untuk orang lain memberikan retweet , antara 10-20 karakter
  3. Biasanya paling banyak response, ketika post twit antara jam 8-9 ketika orang – orang memulai aktivitas, pagi, 13-16 makan siang hingga pulang kantor dan 19-22  sebelum tidur.

Pinterest

Media sosial yang sangat berfokus pada grafis, anda bisa men-share penawaran anda melalui gambar .

Tips Pinterest :

Buatlah account pinterest dan buatlah secara berkala, infografis mengenai produk yang anda jual atau berbagai hal yang berhubungan dengan produk yang anda jual. Dan posting di pinterest.
Misal anda menjual E-book tentang ekonomi, maka anda juga bisa  membuat presentasi grafis tentang permasalah ekonomi yang ada saat ini. Otak menusia sangat baik dalam memproses gambar sehingga lebih cepat ditangkap dan menjadi alat pemasaran yang sangat efektif.

Facebook

Faceboook saat ini adalah media sosial dengan pengguna terbanyak di Dunia.

Tips Facebook

  1. Buatlah sebuah fans page yang mewakili perusahaan / produk yang anda jual. Anda juga bisa mengundang teman – teman anda untuk LIKE fans page tersebut. lakukan Posting secara berkala di fans page yang telah anda buat agar lebih update
  2. Share Link dari website produk yang anda jual. Serta berikan review , sehingga banyak orang bisa mengetahui apa yang anda tawarkan
  3. Minta pelanggan anda memberikan testimoni produk yang telah dibeli

Youtube

Dengan Youtube anda bisa membawa penawaran anda ke tingkat yang lebih tinggi. Dan yang paling penting anda bisa berkomunikasi denga lebih visual dengan pelanggan atau calon pelanggan anda.

Tips Youtube :

Berikan tutorial singkat mengenai cara penggunaan dan manfaat produk yang anda jual. Sehingga calon pelanggan lebih terdorong untuk mencoba dan membeli produk.

Blog

Blog sangat penting sebagai alat untuk berhubungan dengan konsumen , dengan adanya blog, anda bisa memberikan ulasan terbaru tentang produk yang anda jual.

Tips Blog :

Secara berkala, update blog dengan konten terbaru. Tidak harus langsung menawarkan produk, Misal anda menjual pupuk organik, berikanlah ulasan mengenai manfaat pupuk organik, serta selipkan penawaran produk di dalamnya.

BBM

BBM / Black Berry Messenger masih menjadi salah satu sarana marketing yang paling efektif. Bangun pelanggan anda melalui contact BBM dan broadcast message tawaran promo terbaru dari perusahaan anda.

Tips BBM :

Secara berkala, broadcast message mengenai promo – promo terbaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s