Meminta Alamat Email

Saat ini email adalah salah satu cara pemasaran yang paling baik. Berikan diskon dengan meminta alamat email sebagai gantinya, sehingga anda bisa terus memberikan penawaran secara berkala. Agar lebih efektif, berikan kode voucher diskon dalam email yang anda tawarkan. Dalam sebulan kirimkan email maksimal 2-4 saja agar tidak dianggap mengganggu.

Stempel

Buatlah sebuah kartu yang di cap stempel setiap kali konsumen belanja. Misal setiap kali konsumen membeli produk akan mendapatkan sebuah cap stempel dan Setiap 10x cap stempel akan mendapatkan sebuah produk secara cuma – cuma.

Sampel

Berikan sampel kepada pelanggan anda , sehingga pelanggan bisa mencoba produk lain yang anda tawarkan

Diskon Ulang Tahun

Catat tanggal ulang tahun pelanggan anda, dan berikan diskon khusus pada saat pelanggan ber-ulang tahun sebagai apresiasi. Semua orang senang diberi hadiah.

Produk Baru

Secara berkala sedikan / buatlah produk baru sehingga menarik pelanggan barus sekaligus pelanggan lama. Beberapa resto fast food terkenal, secara berkala membuat produk dengan rasa baru. Walaupun pada akhirnya akan kembali lagi ke citarasa yang lama. Produk baru akan  membuat konsumen makin bersemangat kembali ke tempat anda.

Teman saya, Seorang distributir buku kalau ada buku baru yang terbit,b ku lama dari penulis akan meningkat penjualannya.

Manfaatkan Event

Dalam berbelanja,masyarakat sering butuh sesuatu sebagai pemicu. Manfaatkan event hari raya , misal Lebaran, Natal dan Tahun baru untuk menimgkatkan penjualan . Pengalaman saya, pernah membeikan diskon menjelang lebaran dan penjulan meningkat hingga 3x lipat

Layanan Gratis

Walau lebih mahal, yang membuat saya dan isteri kembali ke toko emas bermerek adalah berbagai layanan gratis yang diberikan. Misal gratis perbedaran/pengecilan ukuran cincin, gratis cuci perhiasan. Minimal ketika kami hanya ingin mencuci perhiasan, kami bisa mendapatkan penawaran perhiasan baru.

Hal yang sama juga saya perhatikan terjadi pada toko kaca mata. Banyak yang menarakan fasilitas gratis yang tidak terlalu merugikan toko, misal cuci kaca mata gratis dan tes mata gratis.

Layanan Extra

Berikan layanan extra kepada pelanggan anda. Misal kalau pelanggan anda membeli barang kepada orang lain, tawarkan jasa pengiriman, tentu dengan mengganti ongkos kirim. Pikirkan apa layanan extra yang bisa anda berikan kepada pelanggan sehingga pelanggan lebih memilih  anda daripada toko sebelah

Delivery

Layanan delivery akan meningkatkan nilai jual dari dagangan anda. Konsumen akan memilih tempat termudah untuk mendapatkan barang. Terutama untuk produk makanan.

 

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: