Mulai Dari Anggaran Terbesar

Review anggaran bulanan , dan urutkan dari yang terbesar. Mulailah berhemat dari sisi pengeluaran terbesar. Misal pengeluaran terbesar adalah untuk makan sebesar Rp. 5.000.000 dan L:istrik RP. 1.000.000, lebih mudah mengurangi 10% di sisi pengeluaran makan (Rp. 500.000) daripada 50% di sisi pegeluran listrik (Juga sama RP.500.000)

Snack

Snack / makanan ringan bisa menjadi salah satu pengeluaran yang besar. Selain harga snack yang seringkali mahal, nilai gizi pada snack juga biasanya tergolong rendah. Kurangi konsumsi snack, lebih baik makan makanan yang bergizi tinggi.

Fokus Pada Kopi Bukan Cangkirnya

Kalau anda suka kopi, saat berhemat daripada beli di Cafe terkenal dengan harga RP. 50.000 lebih baik bikin sendiri dengan biaya < Rp. 5.000. Toh sama  – sama kopi juga.

Kalau dulu olahraga di Gym, waktu hemnat pindah aja ke depan rumah, jogging di taman 😀

Kecil – Kecil Jadi Bukit

Setelah berhemat dari sisi anggaran terbesar, mulai lihat lagi hal – hal kecil yang bisa anda hemat tanpa mengurangi produktivitas.

  • Ganti Lampu Dengan Lampu LED yang lebih hemat energi
  • Setel ulang tingkat kecerahan (brightnes) monitor anda sesuai kebutuhan
  • Setel ulang pengaturan energi laptop/komoputer anda, misal setelah 5 menit tidak aktif, monitor mati. Untuk sleep dan hibernasi saya biarkan tidak pernah sleep dan hibernasi karena saya butuh respon komputer yang cepat
  • Gunakan celengan untuk mengumpulan uang receh daripada terbuang percuma
  • Gunakan Timer/Photocell agar peralatan listrik di rumah anda bisa beroperasi secara teratur. Misal jam 6 sore lampu taman nyala secara otomatos dan jam 6 pagi mati lagi.
  • Setelah suhu lemari es / refrigerator sesuai kebutuhan.
  • Ganti peralatan listrik dengan yang hemat energy, salah satu yang memakan listrik paling besar adalah Monitor / TV CRT, ganti dengan LCD atau LED yang membutuhkan daya listrik jauh lebih kecil

Sebagai catatam hati – hati berhemat dengan listrik, karena listrik dangat berhubungan dengan produktivitas. Terlalu irit dengan listrik malah bisa membuat produktvitas anda menurun dan ini sangat berbahaya.

Bensin

Kalau anda berada di kota besar dengan tingkat kemacetan yang tinggi, tahihan Bensin / bahan bakar minyak bisa sangat tinggi. Pikirkan menggunakan motor atau kendaraan umum, juga atur waktu berkendara anda pada saat tidak terlalu macet.

Kaca Film / Gordyn

Salah stau tagihan listrik terbesar adalah AC . Dan salah satu penyebab utama adalah panasnya sinar matahari, Gunakan gordyn atau kaca film untuk menghalagi panasnya sinar matahari sehingga tagihan listrik juga turun.

Tingkatkan Produktivitas

Kurangi kegiatan – kegiatan yang tidak produktif, misal browsing, menonton TV yang menghabiskan listrik, Sebaliknya tingkatkankegiatan produktif yang tidak terlalu memakan banyak listrik, misal membaca.

Mainan Anak

Ada berbagai pilihan mainan anak dari yang harganya murah hingga yang mahal. Anak belum mengenal konsep mainan murah atau mahal. Sehingga sam saja antara mainan yang mahal atau murah. Anak lebih menghargai waktu orant tua bersama – sama bermain daripada mainan yang mahal.

Be Creative

Kreativitas biasanya datang pada saat kepepet. Gunakan otak anda untuk memanfaatkan ulang barang – barang bekas. Seperti yang ditunjukan iklan coca cola di bawah ini


 

Facebook Comments
News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: