11 Ide Menambah Pelanggan Melalui Gratisan

Free Trial, atau coba gratis menjadi salah satu cara agar pengguna layanan makin banyak atau pengguna beralih ke paket yang lebih lengkapm bahkan beralih dari pengguna gratisan menjadi pengguna berbayar.

Free Trial Dengan Jangka Waktu Tertentu

Salah satu TV Kabel langganan saya, pernah memberikan 3 bulan Free Trial semua channel agar pelanggan bisa melihat semua channel yang ditawarkan, setelah 3 bulan berlalu kebanyakan channel yang sudah terbiasa kami tonton diblokir,akhirnya kami menambah paket. Tentu dengan biaya yang masuk akal pula

Dengan membarikan Free Trial kepada pelanggan, maka pelanggan akan menjadi terbiasa dnegan faslitas gratisan, dan karena sudah terbiasa, maka pelanggan akan cenderung mempertahankan faslitas tersebut walau akhirnya harus membayar.

Jangka waktu (timeframe)pemberian Free Trial jangan terlalu cepat, dalam kasus di atas TV Kabel memberikan waktu 3 bulan Free trial kepada pelanggan, agar pelanggan  menjadi terbiasa dengan channel – channel paket tambahan. Kalau free trial terlalu singkat, maka efeknya mungkin akan kurang terasa. Tujuan dari free trial adalah menyadarkan konsumen akan manfaat yang diperoleh apabila membayar lebih banyak.

Free To Try, Buy for More

Piktochart.com memakai jenis Skema Free trial , semua pengguna bisa membuat infografis dengan Piktochart.com . Untuk Edisi Gratis , Pengguna hanya mendapatkan sekitar 5-10 template, sementara kalau berbayar ada lebih dari 40 Template yang bisa dipakai.

Selain itu ada tambahan fasilitas, seperti konversi ke Pdf, Publish tanpa watermark serta resolusi lebih tinggi apabila berbayar.

Berikan fasilitas utama secara gratis kepada pengguna, namun kalau pengguna ingin fasilitas lengkap, harus membayar.

Free To Join

BEi5000.com, situs yang saya kelola, menawarkan semua konten dan komunitas secara gratis, namun di dalamnya diselipkan iklan berbagai produk yang kami jual.

Dengan kami memberikan gratis biaya bergabung,maka calon pelanggan akan lebih terbuka untuk bergabung, dan kami pun lebih mudah dalam menawarkan produk.

Free On Conditon

Salah satu iklan baso menarik yang saya lihat adalah Baso Agus, dengan slogan, “Makan baso gratis semur hidup bagi yang bernama Agus”. Iklan ini saya lihat cepat menjadi viral (berkembang dari mulut ke mulut di Internet)

Free on Payment

Ada layanan internet yang memberikan Gratis bulan pertama, namun harus berlangganan minimal 2 bulan. Pola ini mirip dengan Diskon 30%, namun kata Gratis 1 bulan untuk beberap orang lebih menarik perhatian daripada Diskon 33%.

beberapa Developer property, juga menawarkan program serupa, misal, gratis 2x cicilan DP.

Kata Gratis , cenderung dikonotasikan sebagai “CUMA – CUMA” atau tidak bayar, sementara diskon berarti Masih bayar tetap ada potongan.

Refferal Free (Reward Program)

Berikan apresiasi kepada pelanggan loyal anda, dengan cara memberikan Free bagi pelanggan yang membawa pelanggan lain, misal free 1 bulan fasilitas untuk 1 pelanggan yang setuju berlangganan.

Ada juga Start Up yang menarik pelanggan baru dengan cara memberikan fasilitas tambahan ketika anda meng-invite teman anda di Facebook. Misal Tambahan kapasitas 1 GB setiap teman yang yang di – invite.

Free Shipping

Apabila anda menjual barang dengan margin besar atau memiliki tim pengiriman di beberapa daerah, gratis ongkos kirim akan menjaid daya tarik yang membuat toko anda lebih dipilih dariapa toko sebelah.

Free Process

Ada beberapa swalayan yang menawarkan Gratis masak. Misal Konsumen hanya perlu membeli ikan dengan harga normal, dan bisa langsung dimasak di tempat tanpa biaya. Biasanya konsuman juga akan menambah nasi dan minuman sebagai pelengkap sehingga swalayan mendapatkan pemasukan tambahan.

Free Download E-Book

Ketika men-download sesuatu,konsumen merasa telah menerima sesuatu. Buatlah sebuah e-book yang berisi panduan praktis atau tutoriar yang berhubungan dengan konteks perusahaan anda. Sebagai gantinya, mintalah alamat email  / BBM agar anda bisa menawarkan produk berbayar lewat email/BBM.

Partial Free

Google Play Book menawarkan gratis membaca buku di Googla play maksimal 20% dari isi buku, jika ingin membaca secara keseluruhan,  pelanggan bisa membeli e-book tersebut. Dengan cara ini calon pelanggan menjadi tau isi buku sebelum melakukan transaksi.

In App Purchase

Gratis download App di Google play namun di dalamnya ada beberapa fitur yang harus berbayar.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s