Salah satu pilihan dalam mengembangkan usaha adalah dengan cara menjalin kerjasama dengan pihak lain. Kerjasama dengan pihak lain ini banyak jenisnya, ada distributor, franchice, ataupun menjadi marketing lepas. Apa saja yang harus diperhatikan sebelum memulai kerjasama ?

Target

Biasanya bila bermitra dengan sebuah perusahaan besar, ada target – target yang harus dipenuhi. Misal perusahaan asuransi menargetkan minimal polis baru dengan jumlah tertentu, Tanyakan dengan jelas apa ada target yang harus dicapai dan apa konsekuensi jika tidak bisa tercapai.

Ada juga beberapa perusahaan yang mengharuskan ada penambahan jumlah pelanggan. Misal anda tetap menjual kepada konsumen lama, namun tidak ada penambahan jumlah konsumen baru, komisi tidak cair. Hal ini perlu diperhatikan

Komisi

Tanyakan berapa komisi yang anda terima dan apa saja syarat – syarat untuk anda bisa menerima komisi tersebut.

Minimal Pembayaran

Beberapa perusahaan mengharuskan ada minimal pembayaran untuk komisi , misal komisi anda adalah 3% dari harga jual, namun komisi tersebuh hanya di transfer setelah minimal RP. 1.000.000. google Misalnya, untuk google Adsense, minimal Pembayarn adalah $100 , sehinga misal per bulan anda hanya dapaty $20, maka diperlukan 5 bulan agar komisi anda bisa cair.

Persyaratan

Ada perusahaan yang mengharuskan partnert nya memiliki fasilitas tertentu, misal gerobak, mobil atau bahkan ada yang mengharuskan memiliki gudang atau kantor.

Deposit

Beberapa perusahaan mengharuskan partnert men-depositkan sejumlah uang kepada perusahaan . Tanyakan kapan uang tersebut bisa diambil dan bagaimana prosedurnya

Dukungan Perusahaan

Tanyakan apa dukungan yang bisa diberikanoleh perusahaan apabila anda menjadi mitra di perusahaan tersebut. Dukungan dari perusahaan bisa membuat mitra – mitradnya memiliki margin lebih besar dan leluasa dalam berkembang.

Saat ini saya bermitra dengan sebuah perusahaan yang menurut saya cukup mendukung perkembangan usaha saya. Kalau ada nasabah baru, saya bisa langsung lempar ke Customer Service perusahaan dan kalau ada masalah IT juga bisa lempar ke bagian IT  perusahaan tersebut. Sehingga dari sisi saya, bisa menghemat banyak sekali pengeluaran untuk Staff IT dan Customer Service.

Dukungan perusahaan juga bisa berupa edukasi atau training  kepada marketing, sehingga anda bisa menghemat biaya pelatihan sekaligus mengenal produk yang ditawarkan dengan lebih baik.

Pembagian Wilayah

Salah satu teman saya ada yang bermitra dengan perusahaan yang cukup besar, kesulitannya adalah pembagian wilayah antar distributor yang kadang tumpang tindih. Tanykan dengan jelas bagaiman pembagian wilayah untuk masing – masing mitra. Dan tentu tanyakan bagaimana solusi jika terjadi perebutan konsumen.

 

 

Facebook Comments
News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: