Tidak Berani Bertindak

Salah satu penyebab utama kegagalan adalah tidak adanyak keberanian untuk mengambil tidakan. Memang setiap tindakan yang kita lakukan akan memiliki resiko, namun apabila tidak ada keberanian untuk bertindak, maka kita telah gagal, minimal telah gagal untuk bertindak.

Apalagi ketika sebenarnya kesempatan bagus di depan mata> Memang dibutuhkan kejelian untuk melihat peluang dan menghitung resiko,. namun ujung – ujungnya semua itu butuh keberanian untuk bertindak

Yang saya amati, beberapa orang tidak berani mengambil tindakan adalah karena ingin menunggu hingga keadaan menjadi sempurna. Misal mau buka bisnis kalau uangnya sudah 1 Milliard.  Bisa saja sih, tapi akan makan waktu sangat lama untuk kumpulkan uang 1 milliard.

Jangan tunggu sampai keadaan sempurna baru bertindak, namun bertindaklah agar keadaan jadi lebih sempurna

Nekat

Bertindak nekat sama buruknya dengan tidak berani bertindak. Orang nekat sering terlihat pemberani, namun di sisi lain kadang bodoh karena tidak memperhitungan dengan cer,at resiko yang dihadapi. Antara nekat dan berani bertindak memang beda tipis.

Rajin

Orang bijak berkata “Kerajinan tanpa pengetahuan saja tidaklah baik”. Rajin melakukan rutinitas belaka tidak akan membawa anda kemanapun. Secara berkala lakukan review menganai pekerjaan anda dan cobalah untuk meng-explorasi lebih jauh tentangpekerjaan yang anda tekuni sehingga anda bisa berkembang.  Kuncinya adalah terus belajar.

Malas

Rajin mungkin tidak akan membuat anda sukses, namun sebaliknya malas akan membuat anda jatuh ke dalam hidup yang tidak berarti. Bukankah hidup ini kita harus bermanfaat untuk orang lain ?

Menunda

“Besok ajalah kerjain tugasnya, kan lusa baru dikumpulin”, kata kata itu sering saya lontarkan ketika masih kuliah. Dan kenyataannya kadang beneran besok nya kerjain , kadang 1 jam sebalum dikumpul bari dikerjain, dan kadang lupa dikerjakan.

Kalau ada tugas, sebisa mungkin jangab menunda. Salah satu tips yang baru saja saya baca mengatakan bahwa, buatlah jadwal yang spesifik kapan anda akan mengerjakan suatu tugas.

Misal, daripada memngatakan bahwa . olehraga seminggu sekali, lebih baik buatlah jadwal, olahraga setiap Haru jumat jam 19.30 – 21.30. Dengan adanya jadwal yang spesifik,  kita akan lebih mudah unmtuk tidak menunda.

Salah Alat

Membuka pintu lebih mudah dengan menggunakan kunci, membelah kayu lebih mudah menggunakan kapak. Kalau anda membuka pintu dengan kapak tentu akan menimbulkan kerusakan yang lebih besar walaupun akhirnya pintunya “terbuka” juga. Sebaliknya membelah kaytu dengan menggunakan kunci mungkin butuh waktu setahun untuk membelah kayu.

Pastikan alat yang  anda gunakan tepat. Alat ini berbicara menganai apa yang kita gunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Seringkali alatnya adalah pengetahuan dan kompetensi yang kita miliki.

Lupa Mengasah Kapak

Lebih mudah membelah kayudengan menggunakan kapak yang tajam daripada kalau kapaknya sudah tumpul. Kalau suatu saat anda merasa makin berat dalam bekerja, mungkin saja kapak anda sudah tumpul, saatnya di tajamkan kembali. caranya adalah dengan mengambil waktu istirahat, berlibur atau melakukan hobi, sehingga ketika kembali bekerja, anda akan lebih semangat karena “kapak” anda sudah ter asah

Kebanyakan Cabang

Salah satu penyebab utama kegagalan  adalah kebanyakn cabang ,. pepatah mengatakan bahwa “mereka yang memulai banyak akan menyelesaikan sedikit”. Fokus lah dalam menekuni usaha / pekerjaan yang anda jalani .

Terburu – Buru

Terburu – buru dalam menyelesaikan pekerjaan berpotensi membuat pekerjaan anda tidak sempurna dan banyak celah. Pastikan anda melakukan pekerjaan dengan sempurna walau waktunya lebih panjang (namun jangan sampai lewat deadline).

Menyalahkan  Orang Lain / Keadaan

Memang lebih mudah melihat kesalahan orang lain daripada kesalahan diri sendiri. Namun sikap demikian tidak akan membuat anda maju ,malah akan terus – terusan mengulangi kesalahan yang sama.

Salah Timing

Contoh , mana lebih mudah, menjual Es krim di musim salju atauy menjual eskrim di musim panas ?. Memang es krim di musim salju pun akan terjual namun akan sangat sulit. Jauh lebih mudah menjual es krim di musim panas.

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: