Makanan Diet

Salah satu masalah terbear saat ini adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Berikut adalah daftar makanan yang dari pengalaman saya berdiet yang membuahkan hasil turun 11 Kg dari 102 Kg ke 91 Kg.

Sebelumnya saya harus menyampaikan bahwa makanan ini adalah makanan – makanan di bawah ini hanya berbagi pengalaman dan bukan merupakan rekomendasi. Saya tidak bertanggung jawab apabila anda nantinya memiliki masalah kesehatan. Konsultasikan dulu diet anda ke dokter pribadi.

Makanan yang harus dihindari

Roti

Roti mengandung gula dan tepung yang sangat banyak dan rendah serat, Dan karena kurangnya serat, diperlukan roti yang sangat banyak (yanmg berarti juga kalori yang banyak) untuk jadi kenyang.  Pengalaman saya pernah ingin mengurangi nasi dengan makan roti malah tambah gendut.

Padahal roti adalah salah satu makanan kegemaran saya. dan Roti gandum bisa menjadi solusi untuk roti yang lebih mengandung serat.

Anggur

Tidak semua buah baik buat diet. Anggur salah satu buah yang tidak cocok untuk diet, karena mengandung gula yang banyak serta rendah serat. Dalam 100 gram anggur hanya terdapat 0,9 Gram Serat. bandingkan dengan Apel yang mengandung 2,4 gram serat serta Pisang 2,6 Gram.

Cake

Cake adalah makanan yang harus dihindari saat berdiet, karena menganduing banyak sekali gula dan tepung. Suatu ketika saya pernah experimen membuat cake bersaa isteri danakhirnya saya tau berapa banyak gula yang digunakan untuk sebuah Cake. Setelah itu, saya sangat mengurangi memakan Cake.

Minuman Ringan

Sekaleng minuman ringan, rata – rata mengandung antara 150-300 Kalori, jumlah kalori yang serata dengan 110-220 gram nasi.

Ketupat

Ketupat atau lemper mengandung kalori yang sangat banyak karena terkadang pembuatannya menambahkan juga santan dan terkadang gula.

Makanan Rendah Kalori

Riset menunjukan bahwa makanan utama otak adalah gula. Sehingga ketika anda memakan makanan rendah kalori, maka otak akan meminta kalori lebih banyak.

Sebagai contoh ada riset menunjukan bahwa ketika sebuah grup diberikan makanan dengan label rendah kalori, maka rata  -rata individu dalam grup tersebut memakan lebih banyak kalori.

Mie

Mis mengandung sangat sedikit serat dan tinggi kalori, sehingga tidak dianjurkan bagi mereka yang sedang mengurangi berat badan.

Gorengan

Rata – rata gorengan sangat tinggi gula dan karbohidrat serta rendah serat yang dengan cepat akan menambah berat badan.

Makanan yang direkomendasikan

Nasi

Nasi jangan dihindari tetapi porsinya agak dikurangi, kekurangan  karbohidrat bisa menyebabkan sakit kepala serta susah buang air besar> Apalagi sebagai orang indonesia terbiasa makan nasi

OatMeal

Oatmeal misal Quaker oat sangat dianjurkan untuk diet, karena mengandung jumlah serat yang sangat tinggi. Selain itu Oatmel juga dapat mengurangi kolestrol.

Memang oatmeal rasanya tidak enak pada awalnya, namun setelah seminggu dua minggu memakan oatmel, lidah akan mulai terbiasa.

Lemak Hewan

Jangan anti lemak, terbukti lemak membuat kenyang lebih lama sehingga membantu menahan lapar ketika diet. Lemak juga berfungsi sebagai pelindung sel tubuh.  Dan beberapa vitamin akan lebih efektif apabila dibantu oleh lemak.

Salah satu sumber lemak favorit saya adalah lemak hewan dan juga keju yang banyak mengandung lemak.

Apel, Pepaya , Pisang

100 Gram apel hanya mengandung 52 kalori dan 2.4 gram serat,100 Gram Pepaya hanya mengandung 43 kalori dan 1.7 Gram Serat, sementara Pisang Dalam 100 gram pisang mengandung 89 Kalori dan 2.6 Gram Serat yang membantu proses pencernaan. 

Sayuran Hijau

Sumber serat utama adalah sayuran hijau , dan sangat direkomendasikan bagi anda yang berdiet untuk memakan sayuran hijau. Namun hati – hati, konsultasikan dulu ke dokter sebab ada beberapa sayuran hijau yang tidak boleh dimakan oleh penderita penyakit tertentu, misal asam urat.

Ubi

Dalam 100 gram ubi hanya terkandung 86 kalori serta serat 3 g. 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s