Menulis

Jika anda hobi menulis, maka salah stau pekerjaan yang cukup menjanjikan saat ini adalah penulis, anda bisa mulai menulis melalui media blog sekaligus juga membangun massa pembaca. tulislah 1-3 halaman per hari tentang suatu topik yang anda sukai.

Setelah terkumpul minimal 200 halaman, anda bisa mengajukan tulisan anda ke penerbit dan apabila disetuju, buku anda bisa diternitkan dan dijual ditoko buku.

Saat ini saya telah menerbitkan 2 buku tentang pasar modal. Pembuatan kedua buku tersebut saya lakukan dengan santai , setiap hari hanya menulis 1-3 halaman dan kadang bolong bolong juga nulisnya, namun saya usahakan seminggu harus tetap ada yang ditulis. Alhasil dalam waktu satu tahun bisa terbit satu buku.

Tidaklah sulit dalam menulis buku, anda cari tau topik yang anda sukai, bisa tentang hobi maupun pekerjaan. Pokoknya topik yang menjadi passion anda sehingga dalam menulis tidak terasa berat.

Ilustrator

Dunia internet semakin visual, sehingga jika anda memiliki keahlian menggambar, gunakan keahlian itu untuk membuat konten visual dalam bentuk ilustrasi.

Anda juga bisa membuat berbagai ilustrasi isu – isu terkini, misal sosial, politik dan ekonomi yang biasanya menarik banyak pembaca. Seperti halnya menulis, konten – konten tersebut bisa anda kumpulkan dan suatu saat dibuat buku.

Ide lain, anda bisa mencari humor – humor dan membuat menjadi bentuk komik pendek atau carilah cerita – cerita inspiratif dan buatlah menjadi bentuk ilustrasi. Dari pengamatan saya hal – hal demikian sangat menarik banyak pengunjung ke website.

Tidak usah banyak – banyak, cukup satu ilustrasi per hari atau per minggu, dan hanya dalam 1- 2 tahun anda bisa membukukan nya menjadi sebuah buku.

Translator

Salah satu teman saya bekerja sebagai translator atau penterjemah bahasa lepas / freelance translator. Awalnya dia bekerja di sebuah perusahaan penerbitan buku, dan suatu saat memutuskan untuk resign dan menjadi freelance untuk penerjemah.

Dan katanya order untuk menterjemah sangat banyak. Dan ini adalah peluang bagi anda yang memiliki kemampuan berbahasa asing, anda bisa menerima jasa Terjemahan dan mengerjakan di waktu luang.

Sebagai informasi saja , Pertumbuhan ekonomi indonesia saat ini tergolong yang tertinggi di dunia dan Indonesia memiliki basis 250 juta penduduk yang berarti ada calon pelanggan 250 juta orang. Tentu 250 juta penduduk menjadi daya tarik bagi banyak perusahaan asing untuk menjual produk di Indonesia.

Tentu saja agar produknya lebih laku, produk tersebut harus dibuat dalam bahasa Indonesia yang berarti jasa translator sangat dibutuhkan, apalagi ada aturan pemerintah mengenai kewajiban penggunaan bahasa Indonesia dalam manual book.

Pedagang Saham / Forex

Profesi ini bisa dikerjakan hanya dengan waktu 1 jam sehari di luar waktu kantor, ingat bahwa memang profesi ini beresiko dan membutuhkan keahlian khusus. Pelajari dahulu sebelum anda memulai investasi/ trading.

Konsultan

Anda bisa memnuka usaha konsultan paruh waktu sesuai dengan keahlian yang anda miliki. Keahlian seperti Pembukuan  , perpajakan sangat jarang diajarkan di sekolah, anda bisa memanfaatkan celah ini sebagai peluang usaha sampingan.

DayCare

Jika anda suka anak kecil dan memiliki waktu luang, anda bisa menawarkan kepada tetangga anda jasa untuk menjaga anak  (daycare). Pastikan anda memiliki video camera di wilayah tempat daycare untuk pengamanan atau bukti apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Profesi Internet

Saat ini banyak sekali hal yang bisa dikerjakan lewat internet, jual foto online, membuat video – video tutorial dan memasang di Youtube biasanya per 1000x view, dapat $1 dan ada banyak lagi profesi internet.

 

 

 

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: