Salah satu media yang paling murah untuk meningkatkan branding adalah media sosial. Yang penting kreatif aja bikin konten, maka brand anda bisa cepat jadi terkenal. Ada beberapa cara yang menurut saya bisa meningkatkan branding di media sosial.

Give Away Program

BUatlah sebuah acara Giveaway, misal sebuah  kompetisi dengan memberikan hadiah kepada pemenang.  Harapannya ialah brand anda lebih dikenal dan juga mendapatkan konsumen baru.

Dalam beberapa bulan sekali, biasanya saya mengadakan giveaway program , dengan hadiah misal Buku (produk) , Uang tunai RP. 1.000.000, Handphone maupun Uang tunai dalam rekening efek (saham) dan pernah sekali hadiah payung . Hadiahnya tidak selalu dari saya, namun juga kita bekerjasama dengan sponsor. Dalam hal ini ,yang menjadi sponsor adalah perusahaan yang menjadi mitra saya.

Dan terbukti , misal ada 1 orang pemenang yang mendapatkan buku, maka ada 5 orang lain yang penasaran dan ikut membeli buku. Ini adalah salah satu trik marketing, sekaligus membuat wesite makin rame.

Video Tutorial

buatlah video yang berisi cara menggunakan produk yang anda jual, atau video yang masih seputar produk yang anda jual.

Karena saya bergerak di bidang pasar modal, maka saya membuat Video tentang analisa saham, sekedar cuplikan cara meng-analisa saham disertai dengan tawaran produk di akhir video.

Visual

Agar brand anda lebih dikenal, buatlah semakin banyak konten visual , karena manusia adalah mahkluk visual , sehingga lebih cepat menangkap gambar daripada tulisan.

Kalau anda perhatikan media sosial akhir – akhir ini, konten – konten yang di Share di FB atau di retweet di Twitter, kebanyakan adalah konten yang disertai gambar (visualisasi).

Semakin bagus konten visual anda, maka semakin banyak orang yang share atau retweet, dan juga berarti semakin brand anda dikenal.

Power Of Selfie

Saat ini memang lagi jamannya selfie, manfaatkan momen ini, cara paling gampang adalah tempatkan objek – objek menarik di Toko anda sehingga memicu pelanggan untuk berfoto.

Selain itu, anda juga bisa membuat produk dengan tampilan yang lebih menarik dan wah, sehingga mendorong pembeli untuk mem-foto dan membagikan foto produk anda di media sosial sehingga menarik lebih banyak pembeli dan brand anda dikenal.

Beberapa tempat wisata yang baru saja buka, dengan cepat menjadi terkenal karena banyak pengunjung yang selfie di tempat wisata tersebut , posting di akun sosial media masing – masing sehingga banyak teman – teman yang lain ikut mendatangi tempat wisata tersebut.

Misal selfie di depan air terjun buatan, selfie di objek – objek jadul maupun selfie di sebuah kursi yang unik. Mungkin seorang desainer interior / exterior bisa membantu membuat tempat usaha anda menjadi lebih “Viral” di media sosial.

Komunitas

Buatlah sebuah Fan page atau gruop yang memberikan informasi mengenai produk anda. dan ingat Saat anda membuat kemasan produk, pastikan mencantumkan alamat Fan page Facebook tersebut pada kemasan produk anda, sehingga pelanggan bisa mengikuti update terbaru produk melalui facebook.

 

Facebook Comments
News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: