Waktu awal memasang saluran Internet Kabel, saya ditawari oleh penyedia layanan internet sekalian pasang TV Kabel dengan biaya Gratis. Tentu karena gratis, maka saya terima saja. Dan bukan hanya gratis TV Kabel, tetapi Open atau dibuka akses ke semua channel.

Salah satu channel yang menarik perhatian saya adlah Universal Channel, dimana beberapa film favorit saya sperti Law and Order, Chicago PD serta Chicago fire ditayangkan di channel tersebut.

Setelah tiga bulan berlalu, Ternyata Universal Channel termasuk salah satu channel yang ditutup aksesnya, dan jika ingin membuka Akses ke universal Channel, harus menambah sekitar Rp. 600 ribu sebulan.

Tentu saja bagi saya itu kemahalan sehingga saya memutuskan untuk tidak menambah Rp. 600.000 tetapi cukup menambah paket yang lebih ringan yaitu Rp. 100 ribu sebulan walau tidak ada universal channel (tetap dapat Fox, AXN, Warner Tv, National geografi, dan lain – lain)

Awal – awalnya berasa sangat “menderita” penasaran pengen tau kelanjutan cerita dari Chicago PD dan Chicago Fire, tetapi tidak bisa menontonnya karena tidak termasuk paket yang saya ambil. Namun herannya, setelah 3 minggu berlalu, saya tidak terlalu memikirkan lagi channel yang tidak bisa saya peroleh, dan ternyata di channel lain banyak film – film menarik lain yang bisa saya tonton.

Disini saya pelajari teknik marketing yang menurut saya cukup bagus.

Trik Marketing

Anda bisa menggunakan fenomena di atas sebagai alat untuk membuat pelanggan membeli lebih banyak dari anda dengan cara membuat pelanggan ketagihan akan produk yang anda tawarkan.

Waktu 3 bulan gratis semua channel, akan membuat seseorang mengubah kebiasaan nontonnya, dan ketika sudah menjadi kebiasaan,maka orang tersebut akan sulit jika salah satu channel harus dihilangkan, sehingga jika tidak tahan, maka konsumen akan menambah paket layanan yang lebih mahal agar tetap bisa mempertahankan tontonan yang dia inginkan.

Poin penting disini adalah, keinginan manusia merupakan sesuatu yang bisa diciptakan dan salah satu cara menciptakan keinginan adalah dengan cara membiasakan seseorang dengan gaya hidup tertentu. ketika gaya hidup tersebut terus dibiasakan dan makin kuat, maka orang akan rela membayar untuk tetap mempertahankan gaya hidup tersebut.

Ketika seseorang misalnya sudah biasa menerima 100 Secara GRATIS dan menjadi terbiasa, kemudian tiba-tiba dia hanya menerima 70 juga secara gratis, maka dalam  benaknya, bukannya berpikir, Syukur masih dapat 70 secara gratis, tetap dia akan berpikir,wah saya KEHILANGAN 30. Maka saya harus bayar untuk bisa tetap terima 100.

Entertaiment dan Bisnis

Namun harus hati – hati, tidak semua barang atau jasa bisa menerapkan pola di atas. Menurut saya yang paling masuk akal untuk diterapkan pola gratis coba seperti di atas adalah barang atau jasa untuk Entertaiment / Hiburan maupun bisnis.

Entertaiment / Hiburan karena manusia cenderung lebih cepat berubah kebiasaan jika menyangkut masalah hiburan. Sementara bisnis karena ketika orang sudah merasakan manfaat dari produk yang anda tawarkan dan terbiasa, maka orang akan cenderung melanjutkan walau harus membayar.

Sebagai contoh, selama 4 tahun, bei5000.com memakai layanan google mail secara GRATIS untuk manajemen email. Setelah 4 tahun tiba – tiba dikirim email oleh google bahwa harus bayar. Karena lebih repot kalau harus pindah manajemen email, maka kami memutuskan untuk membayar. Ini trik yang bagus hehehe.

 

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: