Furniture

Salah satu kesalahan yang pernah saya buat dalam mengatur keuangan adalah ketika ada laba, dipergunakan untuk membeli peralatan kantor / furniture kantor yang tidak diperlukan.

Pegawai

Pegawai memang dibituhkan dalam usaha, namun ketika memutuskan untuk memakai jasa pegawa atauy menambah jumlah pegawai , pikirkan baik – baik apakah penambahan pegawai tersebut benar – benar dibutuhkan ?. Ingat bahwa perusahaan wajib membayar karyawan, walau suatu saat mungkin order kurang.

Pengusaha harus berpikir dengan matang sebelum menambah pegawai.

Lupa Biaya Maintenance

Dalam usaha apapun selalu ada biaya maintenance atau biaya perawatan. Misal dalam usaha printing yang pernah saya buka, printer memiliki “masa hidup” sehingga setiap setiap beberapa bulan sekali harus diganti apabila jumlah pemakaian banyak.

Dalam mengatur keuangan, selalu ingat menyisihkan laba untuk biaya – biaya maintenance, sehingga ketika diperlukan, uangnya ada.

Piutang Tak Terbayar

Dalam ber-bisnis ada kalanya pelanggan meminta kas-bon atau Mengambil barang dengan hutang. Namun tetap hati – hati dalam memberikan hutang kepada orang lain walau sudah kenal. Banyak pengalaman orang ambil barang tapi mungkin lupa bayar.

Kalaupun anda sudah kenal orangnya, berikanlah hutang dalam jumlah yang terbatas yang mampu anda tanggung apabila ternyata orangnya kabur (ingat manajemen resiko).

Tidak Fokus

Jika sumber daya yang dimilki terbatas, memiliki fokus akan membantu anda menjalankan usaha serta mengatur keuangan. Jangan sampai karena ingin cepat untung, usaha anda menjadi melebar kesana kemari sehingga ketika usaha inti memerlukan uang, ternyata uangnya sudah terpakai untuk usaha lain di luar usaha inti.  Selain sumber daya kuangan yang akan terpecah, fokus anda juga akan terpecah sehingga bisa berakibat buruk kepada usaha inti.

Tidak Ada Pencatatan

Pencatatan transaksi sangat penting dalam sebuah perusahaan, dengan adanya pencatatan transaksi, perusahaan akan dapat mengambil keputusan yang terkait dengan pemakaian uang.

Tidak hanya itu, dengan adanya pencatatan yang detil, maka perusahan dapat mengamil keputusan tentang barang apa saja yang harus tetap diperdagangkan dan barang apa saja yang sebaiknya dihentika perdagangannya karena tidak menguntungkan untuk perusahaan.

Buatlah sebuah pencatyatan yang detil akan setiap transaksi keuangan di perusahaan anda.

Euforia

Salah satu pengalaman berharga saat membuka suatu usaha adalah, ketika ada keuntungan dalamj umlah besarm, saya cenderung euforia. Euforia berarti suatu emosi yang terlalu meledak – ledak, terlalu senang dalam mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar sehingga penggunaan keuntungan menjadi kurang terkendali.

Saran saya adalah ketika mendapatkan keuntungan besar, langsung alokasikan untuk membayar beban – beban yang belum terbayr, agar lebih ada pengendalian diri. Misal langsung bayar biaya listrik, alokasikan untuk maintenance, dan sisihkan langsung untuk gaji karyawan.

Karena kalau tidak langsung disisihkan, maka tiba – tiba keunrtungan tersebut habis untuk hal – hal lain yang akan disesali.

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: