Salah satu pengalaman saya dalam membuka usaha adalah membuka usaha start up (Usaha Internet) dalam bentuk web BEI5000.COM. Saat tulisn ini dibuat, bei5000 adalah salah satu media sosial terbesar berkonteks saham di Indonesia. Saat ini bei5000 memiliki lebih daeri 10 ribu pengguna di seluruh Indonesia dengan rata – rata saat jam aktif bursa lebih dari 200 pengguna yang aktif pada saat bersamaan.

Tidak mudah membangun web, terus terang web bei5000 saat ini adalah melalui berbagai versi.

Versi pertama saya bikin sendiri,ya hasilnya lumayan bagus, namun karena menurut saya, kemampuan saya dalam memnuat program web tidak terlalu bagus, maka saya memutuskan untuk memakai jasa orang lain (freelance, maupun pegawai) untuk membuat web agar lebih menarik.

Versi kedua, sata minta teman kuliah untuk membuat web, sudah dibayar tapi tidak dikerjakan

Versi ketiga, juga minta teman kuliah , sudah dibayar tapi hasilnya tidak memuaskan, orangnya hilang – hilang

Versi ke- empat juga teman kuliah, hasilnya lumayan tapi akhirnya tidak terpakai

Versi ke-lima minta cari programmer freelance, akhirnya jadi, sempat dipakai mungkin setahun lalu tutup

Akhirnya yang saat ini Versi ke – 6, ada teman kuliah juga yang mengerjakan hingga ada aplikasi android nya.

Kalau dilihat di atas, berkali – kali gagal  namun terus saya lanjutkan , disebabkan karena , pertama saya melihat ada peluang yang sangat besar dalam pasar modal indonesia, dimana pasar modal indonesia merupakan sektor yang sedang bangkit, dari 250 juta penduduk, hanyd kurang dari 500 ribu orang yang memiliki instrumen pasar modal, misal Reksadana, obligasi dan saham.

Dari 500 ribu orang tersebut, yang benar – benar membeli saham secara langsung hanya kurang dari 20 ribu orang. Sehingga menurut saya peluang berkambang untuk usaha komunitas web untuk pebisnis saham sangat besar. karena ada 249 juta orang lebih yang menjadi target pasar baru.

Alasan kedua kenapa saya rela jatuh bangun membangun bei5000 adalah karena Pasar modal merupakan passion saya. Sehingga walaupun berkali -kali gagal, namun tetap penasaran. Dan akhirnya di versi ke – 6 ini, barulah bei5000 mulai memberikan hasil yang sepertinya akan bertahan dalam jangka panjang.

Dalam membangun usaha, apabila ada passion , maka kita akan cenderung bertahan walau mengalami kegagalan. Minimal rasa penasaran akan terus ada, coba terus hingga berhasil walau ditipu (sudah bayar tapi tidak dikerjakan), mempekerjakan orang yang tidak bertanggung jawab (tiba – tiba menghilang) , hingga akhirnya bertemu dengan partner yang dapat mengerjakan dengan baik.

Kalau saya lihat dan baca – baca kisah start up yang saat ini berkembang pesat, seringkali web yang kita lihat saat ini seperti facebook, twitter, instagram, mengalami berbagai perubahan versi web hingga akhirnya menemukan satu versi yang dipakaioleh banyak orang.

Harapan saya , ketika anda membaca tulisan ini, anda akan terdorong untuk lebih lagi bersemangat dalam bekerja, dan kalau anda saat ini hampir putus asa membangun usaha, ayo, coba berikan satu kali lagi kesempatan.

Teringat perkataan Jack Ma, sosok yang membangun alibaba dari 0 hingga menjadi perusahaan bernilai milliaran Dollar, “Saat anda berumur 30-40 tahun, buatlah banyak kesalahan”. Maksudnya adalah beranilah ber-experimen walau ada potensi gagal. Karena hanya dibutuhkan satu kali peluang sukses untuk mengubah nasib anda.

 

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: