Di bandung, jika berbicara mengenai tempat foto, orang sudah langsung menunjuk pada satu tempat yaitu Jonas Photo yang memiliki kantor pusat di Jalan Progo, bandung. Sangking Jonas ini terkenal, hampir setiap kali saya berkunjung ke Kantor pusat jonas, selalu ramai pengunung dan sulit mendapatkan tempat parkir.

Kalau boleh jujur, hasil foto di Jonas biasa saja. bahkan Menurut saya kalah dengan beberapa tempat foto lain yang pernah saya kunjungi dan pakai jasanya. Namun ramainya jonas tidak lepas dari kepiawaian marketing jonas dalam mengembangkan merek.

Mengenal Konsumen

Salah satu aspek penting dari membangun merek adalah mengenal siapa konsumen anda. Dalam kasus Jonas, menurut saya Jonas sangat mengenal siapa konsumennya. Terus terang rata – rata konsumen jonas adalah anak SMP-SMA dan Mahasiswa yang tentu memiliki daya beli yang rendah (Uang sedikit) tetapi keinginan Foto Sangat tinggi (mungkin untuk aktualisasi diri).

Dan karena mereka mengenal bahwa konsumennya memiliki daya beli yang tidak terlalu tinggi,maka harga foto yang dikenakan di Jonas cenderung lebih murah daripada tempat foto lain. Tentu karena harga murah, saya perhatikan property (objek foto) dari jonas tidak sebanyak tempat foto yang lebih mahal. Konsumen pun mengerti hal ini, sudah dikasi murah , jangan minta macam – macam.

Selain itu Jonas juga memiliki ruangan untuk foto masal , jadi kalau ada satu kelas berjumlah 40 orang mau foto bersama pun, bisa dan ada ruangannya.

Membuka Cabang di Banyak Mall

Yang menarik juga adalah, Jonas foto, memiliki cabang di banyak mall di bandung. Menurut saya ini menarik. Sebab selain dia memiliki satu cabang besar yang bisa melayani berbagai kebutuhan fotografi, Jonas juga memiliki cabang kecil di banyak mall.

Sehingga ketika konsumen membutuhkan jasa fotografi skala kecil, konsumen bisa mengunjungi cabang di mall. Tentu karena merek jonas sudah terkenal maka tidak sulit bali jonas “mini” di mall untuk bisa cepat mendapatkan pelanggan.

Dengan adanya satu Kantor Pusat jonas, maka merek jonas sudah terbangun lebih dahulu. Setelah itu, dia juga membuka cabang – cabang kecil yang mendukung nilai merek serta meningkatkan penjualan.

Dengan adanya cabang – cabang kecil di mall, orang akan lebih mengingat jonas ketika membutuhkan jasa fotografi.

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: