Salah satu pengalaman yang saya alami ketika pergi ke tempat yang baru adalah perasaan yang lebih lama ketika menuju ke tempat tersebut daripada perjalanan pulang. Perjalanan pergi, akan selalu terasa lebih lama daripada perjalanan pulang. Salah satu penyebabnya adalah karena tempat yang dituju adalah tempat baru dan saya belum mengetahui dengan persis dimana tempatnya.

Sementara pada perjalanan pulang, akan terasa lebih cepat karena saya sudah mengetahui rute serta tempat yang akan dituju. Sehingga walau kurang lebih total jam perjalanan sama, tetapi terasa lebih cepat.

Ini adalah psikologis manusia secara umum, ada yang mengatakan bahwa “manusia takut akan sesuatu yang tidak diketahuinya”. Ketika kita masi penasaran dengan tempat yang dituju maka akan terasa lama, tetapi ketika tempat tersebut sudah familiar, maka waktu akan terasa cepat. Waktu, adalah sesuatu yang konstan, 1 Menit adalah 60 detik. Namun perasaan lama dan cepat ternyata sangat relatif.

Dalam memasarkan suatu produk , akan sangat mendukung penjualan apabila kemasan atau iklan produk dapat menampikan informasi – informasi yang bemanfaat bagi konsumen.

Sebagai contoh, saya lihat di buku menu beberapa rastoran dengan jelas menampilkan perkiraan waktu umtuk memasak menu yang ditawarkan. Dan saya rasa ini adalah hal yang bagus. Ketika menunya tertulis “15 Menit” maka konsumen  akan bisa memperkirakan bahwa dia harus menunggu sekitar 15 menit untuk bisa menikmati menu.  Dia akan melihat jam misal jam 10.00, dan akan sabar menunggu hingga 10.15 untuk menu disajikan.

Ketika ada petunjuk estimasi waktu penyajian menu, konsumen akan bisa lebih bersabar daripada kalau tidak ada estimasi. Ketika ada petunjuk waktu, meunggu 15 menit bukanlah masalah.  Namun jika tidak ada estimasi, maka menunggu 10 menit adalah hal yang sangat lama.

Lebih bermasalah lagi, apabila waktu yang dibutuhkan untuk menyajikan menu adalah satu jam, tetap konsumen tidak diberitahu, maka yang terjadi adalah konsumen bisa saja membatalkan pesanan karena terlalu lama menunggu. Dengan adanya estimasi waktu, maka konsumen bisa memilih menu tepat sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

 

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: