Hidup di Ambon, indonesia timur ada suka ada dukanya, berikut daftar beberapa hal yang jarang bahkan tidak ada di Indonesia Timur

Jalan Tol

Dari Indonesia merdeka, hingga saat ini sama sekali tidak ada jalan tol di Ambon kota kelahiran saya. Jalan tol pertama kali yang saya temui adalah ketika kuliah di Kota Surabaya. Baru tau ada yang namanya jalan tol, masuknya harus bayar pula, dan pernah sekali saya HAMPIR Saja mau masuk jalan tol pakai motor, karena kirain jalan tol bisa dilewati  oleh motor. Dan untungnya ada Petunjuk “Jalan tol hanya untuk roda 4 atau lebih”

Filter Air dan Toren

Hingga saat ini, di ambon, rumah orang tua saya, tidak memakai filter air, air langsung diambil dari tanah, tanpa filter, bisa langsung dipakai. dan jernih luar biasa. Toren (pemampungan air) juga jarang ditemui di ambon.

Jadi saat berkuliah di surabaya, saya heran,  kenapa air yang keluar kok warnanya cokelat ? Dan setelah menikah di bandung, baru saya tau apa fungsinya toren 😀 😀 😀

RCTI , Indosiar, SCTV

Di Ambon, saya baru menikmati acara TV Selain TVRI sejak tahun 1993-1994. Sebelumnya kita hanya bisa menikmati TVRI. Bisa anda bayangkan sendiri tiap hari hanya menonton Berita sahaja.

Maldive

Bagusnya adalah, anda tidak perlu ke maldive / bali untuk menikmati pantai. Sebab di Ambon hanya dengan perjalanan 30 menit ada pantai yang begitu indah, berikut contohnya

liang

Di atas bukan bali, bukan maldive tapi AMBON

Kereta Api

Sedari kecil, di sekolah diajarin lagu “naik kereta api, tut tut tut.. siapa hendak turun”, tapi di ambon tidak ada itu yang namanya kereta api. Pertama kali say alihat kereta api adalah di surabaya.

Delman

Ada juga lagi “Pada hari minggu kuturt ayah ke kota, naik delman istimewa”

Apa pula itu delman, di ambon tidak ada delman. kuda pun sangat Jarang. akhirnya tau juga delman adalah semacam becak yang ditarik oleh kuda hahaha

Aqua Galon

Saat ini Aqua galon sudah ada di ambon, tetapi tahun 90-an di ambon tidak ada Aqua galon,  biasanya air dari tanah, diambil sama orang – orang ambon, dimasak lalu di konsumsi. Tidak ada namanya Aqua Galon.

CFC, KFC, McDonald

Mungkin anda yang hidup sedarikecil sudah menikmati CFC, KFC dan makana fast food lainnya sejak tahu 90. Tetapi di ambon, saya ingat benar makanan fast food pertama adalah CFC (California Fried Chicken) dan itupn ada di sekitar tahun 1995.

Hingga saat ini belum ada Starbucks di Ambon, Mall pun pertama kali ada sekitar tahun 1995. Saat ini JCo baru masuk di ambon sekitar 3 tahun terakhir. dan MCD Sepertinya belum ada.

Langganan Pemadaman Listrik

Dulu di ambon, seminggu pasti ada pemadaman listrik, bahkan paling parah pernah sekali pemadaman listrik hingga 2 hari hidup tanpa listrik :D. Sehingga tidak sedikit rumah di ambon yang memiliki genset / dinamo listrik pribadi.

Premium Seharga RP. 10.000

Saat premium masih RP. 4500, di  Ambon, saat langka premium bisa dijual RP. 10.000 per liter. Kadang saat langka, papa saya bisa ngantir berjam – jam untuk membeli premium di SPBU.

Naik Ferry

Orang jawa pasti jarang naik ferry, sekedar info, ferry adalah kapal pengakutan laut jarak pendek. Bisa mengangkut manusia, barang hingga mobil, Orang ambon sudah langganan ferry sejak dulu, karena jarak terdekat ke bandara adalah dengan menggunakan ferry.

 

 

 

Facebook Comments

News Reporter

2 thoughts on “10 Hal Unik di Ambon / Indonesia Timur

  1. Sdh ada Ny Tanzil fried chiken sejak 1990 di robinson departement store Jl Ay patty..tinggal puingnya sejak rusuh Ambon.. disitu jg agent beberapa brand ternama seperti Hammer Country fiesta. Grifone dll..

    1. Jadi bukan CFC or KFc yg pertama di Ambon..robinson jg gedung ke dua yg memakai escalator ..gedung Puskud yg pertama menggunakan escalator,

Leave a Reply

%d bloggers like this: