9 Kesalahan Saat Fitness

Terlalu Lama Latihan Cardio

Salah satu kesalahan utama saya ketika awal fitness adalah terlalu lama latihan cardio (misal treadmill). Namun setelah mempelajari cara kerja tubuh, saya  mulai mengerti bahwa cardio yang terlalu lama tidak akan berguna,selain juga menghabiskan waktu.

Dibanding memperpanjang interval waktu melakukan cardio, lebih baik tingkatkan intensitasnya. Misal biasanya jogging / treadmil dengan rata – rata kecepatan 6 mph, perlahan tingkatkan menjadi 9 dan perlahan terus ditingkatkan hingga kecepatan maksimal yang bisa anda raih.

Monoton

Tubuh adalah mesin yang luar biasa, dengan cepat tubuh akan menyesuaikan diri dengan jenis olahraga yang anda lakukan. Misal ketika anda sering melakukan jogging, maka di awal jogging, tubuh akan memperbesar otot di wilayah paha. Namun jika kecepatan jogging tidak ditingkatkan maka pembesaran otot akan berhenti.

Oleh sebab itu dalam melakukan suatu jenis olehraga, harus selalu meningkatkan intensitas (bukan waktu) dan juga milikilah variasi gerakan baru (yang akan mendukung keberlangsungan olahraga secara psikis) . Dengan youtube, saat ini banyak sekali variasi olahraga yang bisa anda tonton.

Biasakan mengganti pola olahraga anda stiap 1-2 bulan sekali, sehingga tubuh tetap penasaran apa yang dibituhkan, sehingga dengan demikian terus menambah massa otot.

sebagai contoh ,biasanya treadmill hanya untuk Jogging, saat ini ada yang namanya Shredmill

Berat Badan = Target Utama

Tidak salah ber-olahraga untuk menurunkan berat badan, namun jangan jadikan berat badan sebagai target utama. Tingkatkan kekuatan otot, maka berat badan akan mengikuti, ketika massa otot anda meningkat, maka jumlah kalori yang akan anda bakar saat DIAM saja, akan juga meningkat karena makin besar Massa otot, maka jumlah kalori yang anda butuhkan setiap hari akan bertambah juga.

Intensitas Tidak Ditingkatkan

Peningkatan Intensitas adalah sesuatu yang wajib, karena tubuh akan terus menyesuaikan diri, sehingga otak (anda) harus memberikan perintah agar tubuh meningkatkan massa otot , salah stunya dengan memberikan stimulus berupa intensitas (kecepatan lari, maupun berat beban) yang terus ditingkatkan.

Repetisi Yang Terlalu Cepat

Massa otot yang terbentuk tidak akan maksimal apabila anda melakukan repetisi yang terlalu cepat, misal buru – buru angkat barbel. Beri waktu untuk menahan posisi barbel sehingga otot akan bterus ber-kontraksi, Dengan demikian akan memicu pembesaran otot.

Makan Setelah Fitness

Habis olahraga yang berat, tubuh anda akan menagih makanan, ini wajar karena itu adalah salah satu cara pertahanan tubuh. Namun jangan langsung berikan makanan. Tahan sekitar 45 menit – 60 Menit (kecuali anda mengalami pusing – pusing). Karena dengan demikian tubuh akan mulai membakar lemak sebagai sumber energy.

Menghindari Latihan Perut (Core)

Setelah mengetahui dan merasakan manfaatnya, saya tidak pernah lagi menghindari latihan perut (core exercise). Ketika anda melakukan core exercise, sangat banyak otot di tubuh yang berkontraksi, sehingga core exercise merupakan salah satu latihan yang paling efektif. Salah satu core exercise adalah Plank.

Kurang Makan dan Interval Makan Pendek

Atur pola makan anda dengan baik sebelum fitness, makan 2 jam sebelum fitness. Interbal waktu yang pendek antara makan dan fitness akan membuat perut anda sakit saat fitness.

Dan pastikan makanan pada saat akan fitness, Cenderung tinggi Protein (misal daging ayam ) dan rendah serat. Makanan dengan tinggi serat memang baik buat diet, namun juga susah dicerna, sehingga akan mengurangi kekuatan pada saat fitness.

Tidak Memiliki Target / Target Tidak Masuk Akal

Anda tidak akan bisa ke mencapai sesuatu kalau anda tidak taau sesuatu itu apa :D. Maksudnya adalah target harus jelas, sebagai contoh saya suatu saat ingin bodyliftiing tanpa bantuan beban. Dari awal harus dibantu beban 50 kg, saat ini hanya dibantu beban 15 kg. Hanya dalam waktu 2 bulan.

Target juga harus masuk akal, misal seperti kasus di atas, target saya adalah 3-6 bulan. Perlahan – lahan, tapi beban bantuan terus dikurangi hingga suatu saat benar – benar bisa bodylifting tanpa bantuan.

Dengan adanya target yang masuk akal, anda akan lebih mudah mengatur pola fitness dan peningkatan intensitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s