Sejak menekuni gaya hidup sehat dan fitness, saya banyak belajar mengencai cara kerja tubuh manusia. Dan menurut saya, dengan memahami bagaimana tubuh bekerja, akan membantu kita untuk bisa hidup dengan lebih baik dan sehat.

Mesin Yang Efisien

Tubuh manusia adalah mesih yang luar biasa efisien. Kalau seharian anda hanya duduk – duduk nonton TV sambil makan snack, maka tubuh akan menyesuaikan diri dengan cara menimbun lemak dan mengurangi massa otot, Karena otot tidak dibutuhkan.

Namun ketika anda mulai ber-olahraga, maka tubuh akan mulai menambah massa otot, karena ketiak melakukan aktivitas yang berat,maka massa otot perlu meningkat untuk mengingkatkan kegiatan anda. Jadi tubuh akan terus melakukan adaptasi berdasarkan aktivitas yang anda lakukan.

Tubuh Perlu Terus Diberi Tantangan

Ketika anda akhirnya memutuskan untuk berubah dari hanya duduk seharian menonton TV dan mulai berolahraga, pada awalnya, akan terasa sakit. Itu adalah respon awal tubuh terjhadap stress, tidak brhenti sampai disana, tubuh juga akan meningkatkan massa otot untuk menunjang kegiatan anda.

Namun karena efisien, maka tubuh akan berhenti membentuk massa otot jika tidak diberi tantangan. Sebagai contoh, jika anda hanya jogging dengan kecepatan 6 km per jam , maka tubuh akan membentuk massa otot untuk menunjang jogging dengan kecepatan 6 km per jam.

Sehingga sering kali orang mengalami kegagalan dalam berolahraga ketika hanya meningkatkan lama waktu untuk jogging tanpa meningkatkan kecepatan.

Karena tubuh perlu diberi tantangan, maka ketika memutuskan untuk menekuni Jogging, daripada meningkatkan lama waktu jogging dari 30 menit ke satu jam dengan kecepatan yang sama atau bahkan menurun, lebih baik interval jogging hanya ditingkatkan dari 30 menit ke 35 menit. Peningkatan 5 menit dipergunakan untuk berlari dengan kecepatan yang lebih tinggi misal 9 km per jam.

Dengan adanya peningkatan kecepatan,maka tubuh akan mulai berdaptasi lagi dengan cara meningkatkan massa otot untuk menunjang lari 9km per jam.

Ini juga berlaku untuk olehraga angkat beban, secara berkala tubuh akan menyesuaikan diri dengan beban yang anda angkat, oleh sebab itu perlu ada peningkatan beban agar tubuh terus meningkatkan massa otot.

Puasa

Puasa disarankan di hampir semua agama, dan ternyata puasa juga baik untuk tubuh, sebab akan memaksa tubuh dan membiasakan tunuh untuk memproses lemak. Pada dasarnya lemak adalah cadangan makanan bagi tubuh. Namun lemak yanhg berlebih akan menimbulkan banyak masalah. Seringkali kita meras alapar walau interval makan masih pendek.

Namun dengan berpuasa, tubuhakan dilatih untuk memproses lemak lebih cepat sehingga menjadi terbiasa dalam membakar lemak.

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: