Untuk meningkatkan pendapatan, pebisnis bisa mengunakan internet sebagai media iklan. ada jenis iklan yang anda bisa gunakan secara gratis, misalnya meng-share produk anda di media sosaial, seperti facebook maupun twitter. Namun ada kalanya anda bisa menggunakan media iklan yang berbayar.

Kelebihan iklan berbayar

  1. Dibanding menggunakan media ikalan gratisan, menggunakan media iklan berbayar akan meningkatkan pasar anda. Kalau hanya share produk di facebook, yang bisa lihat hanya teman – teman anda. Sementara orang yang bukan teman tidak bisa lihat (kecuali di share juga oleh teman anda). Sementara kalau anda menggunakan jenis iklan berbayar, maka anda akan bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan.
  2. Menggunakan media iklan berbayar juga akan mengurangi kerepotan. Kalau sebelumnya anda ingin memasarkan produk anda harus di share setiap hari ,maka dengan iklan berbayar tidak perlu di share setiap hari, Web seperti Facebook atau Google yang akan meng-iklankan produk anda

Iklan Facebook VS Google

Ada dua platform iklan berbayar yang pernah saya coba yaitu iklan di Facebook dan Iklan di Google.

Metode iklan di facebook adalah metode mencari orang – orang yang kira – kira tertarik dengan iklan anda, dan kemudian memasang iklan anda di timeline orang tersebut. anda bisa memilih, Negara Asal, Umur, Jenis kelamin, hingga topik yang mungkin berhubungan.

MIsal target anda adalah

Orang indonesia, Pria,umur 30-35, Dan tertarik dengan topik Singa .

Maka ketika ada user di facebook , Pria yang berumur 30-35 tahun , berlokasi di Indonesia dan menyebutkan kata Singa , maka iklan anda akan ditampilkan pada Timeline orang tersebut.

Dari pengalaman menggunakan iklan facebook, Kelebihan nya adalah anda bisa dengan lebih cepat menjangkau banyak calon pelanggan. Karena program akan mencari orang – orang yang sesuai dengan kategori yang anda buat.

Mengenai harga, sebenarnya harga iklan di facebook cenderung lebih mahal daripada harga iklan di Google. Namun jika anda membuat konten iklan yang sangat menarik, maka dengan sukarela, target anda akan meng-share iklan anda kepada orang lain sehingga biaya iklan bisa turun.

Berbeda dengan facebook, iklan di google menurut saya lebih spesifik dan benar – benar berdasarkan ketertarikan pengguna. Misal pengguna menuliskan kata “Kua cubit”, maka jika anda memasang iklan dengan menargetkan kata “kue cubit”, maka iklan halaman web anda akan keluar.

Harga iklan di google menurut saya cukup murah, hanya sekitar Rp. 60-100 per klik, dan anda hanya membayar jika ada orang yang klik iklan anda. kalau tidak di klik, anda tidak perlu membayar,

Sementara di facebook anda bisa memilih jenis pembayaran,a paakah anda mau membayar jika ada yang klik saja (pay per Click) biasanya lebih murah, namun jarang ada yang klik , atau membayar kalau ditampilkan (Pay Per View) yang biasanya lebih mahal per kliknya

Iklan Google

Setelah melalui banyak proses, saya akhirnya memutuskan untuk hanya menggunakan iklan di google, karena setelah di pertimbangkan, ternyata iklan google memiliki manfaat yang lebih besar.

Menurut saya metode iklan google lebih baik dan lebih tepat sasaran. facebook menggunakan metode mencari target berdasarkan kategori tertentu, Sebaliknya Google Adwords menggunakan mentode, Target yang mencari kata kunci, kemudian iklan ditampilkan.

Sehingga sebelum target meng-klik iklan, dia sudah memiliki ketertarikan terlebih dahulu baru diklik.

Contoh, kalau iklan di facebook, siapa saja yang sedang posting “Kue cubit” akan ditampilkan iklan. Sementara di Google, Orang yang SEDANG MENCARI “kue cubit”lah yang ditampilkan iklan.

bedanya adalah, orang yang sedang posting “kue cubit” belum tentu sedang mencari info yang lebih dalma tentang kue cubit. Sebalikna orang yang sedang mencari “kue cubit” di google, biasanya memiliki ketertarikan lebih mendalam lagi untuk “kue cubit”

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: