Tujuan dari regulasi atau aturan ketenagakerjaan adalah untuk membatasi jumlah pengangguran dan hal tersebut terukur dari angka pengangguran.

Angka Pengangguran dikalkulasi dari jumlah pengangguran dan dibagi dengan jumlah orang dalam angkatan kerja. Misal terdapat 5 pengangguran dari 100 angkatan kerja, berarti Angka pengangguran = 5%, Angka ini menggambarkan jumlah orang yang ingin mencari pekerjaan tetapi tidak mendapatkan pekerjaan.

Angkatan kerja hanya mencakup jumlah orang yang berada dalam umur yang legal untuk bekerja, sehingga anak – anak dan manula tidak termasuk dalam angkatan kerja sehingga anak – anak serta manula tidak akan dimasukan ke dalam kategori “pengangguran”

GDP dan Jobless rate

gdpunlem

Ada hubungan antara GDP dengan Pengangguran, tercatat ketika GDP naik, maka angka pengangguran akan turun, sebaliknya ketika GDP turun maka angka pengangguran akan naik.

Pengangguran 25%

Pada saat Depresi Besar, Kegagalan bank serta regulasi yang kontra produktif menyebabkan Amerika Serikat serikat pernah mencapai angka pengangguran 25%
Video tentang pengangguran dimulai dari menit ke 6:20

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: