Salah satu keunggulan yang sering di – tonjolkan ketika menjaid trader saham adalah ketika si trader tidakl agi harus ngantor setiap hari, tidak lagi harus macet – macetan di jalan, tidak lagi terikat dengan waktu bekerja jam 9 pagi hingga jam 5 sore, dan terutama , bagi yang saat ini sedang bekerja di suatu perusahaan, tidak lagi harus bertemu dengan bos yang MENYEBALKAN 😀

Menurut saya , enaknya kerja di suatu perusahaan adalah ada yang mengawasi dan ada yang memberikan tugas. Tiap hari masuk kantor, sudah ada tugas di meja, tinggal dikerjakan saja.

Beda halnya dengan menjadi trader  entah penuh waktu atau paruh waktu. Tidak ada orang yang mengawasi sehingga kadang disiplin menjadi kendor. Tidak ada yang mengatur harus masuk kantor jam 8 pagi, sehingga kadang bangun jam 9 pagi, padahal seharusnya sudah mulai menganalisa saham pada jam 8 pagi.

Harusnya tidur jam 10 malam, namun karena tidak ada yang mengawasi akhirnya tidur jam 2 pagi, alhasil besoknya uring – uringan karena kurang tidur. Konsentrasi untuk trading pun hilang.

Menjadi trader berarti anda harus menjadi BOS terhadap diri anda sendiri. Dan terus terang mengendalikan diri adalah hal tersulit untuk dilakukan . Pepatah orang bijak mengatakan “orang yang bisa mengendalikan dirinya, melebihi pahlawan yang mengalahkan kota”

Komunitas

Selain masalah disiplin, komunitas juga menjadi masalah tersendiri. Di kantor, setidaknya anda memiliki komunitas , minimal sesama pekerja kabtor, juga ada bos kan . Dan manusia diciptakan sebagai mahkluk sosial. Bahkan di penjara, salah satu hukuman terburuk bagi Napi yang melanggar aturan adalah di penjara dalam sel Isolasi dimana tidak dia disana sendirian dan tidak memiliki teman. Komunitas adalah sesuatu yang sangat penting juga di industri saham ini.

 

Memotivasi

Salah satu kegunaan memiliki komunitas adalah ada teman – teman dengan tujuan yang sama (untuk cari untung) yang saling memotivasi. Bahkan saya sendiri merasa,ketika saya mengadakan training, bukan hanya peaerta mendapatkan materi, tetapi dari obrolan di ruang training,. saya mendapatkan motivasi yang baru untuk terus trading saham.

Selain itu ketika saya menghadiri pertemuan dnegan trader yang lebih senior dan mendengar pengalaman baliau trading,s aya mendapatkan mengat baru untuk bekerja di industri ini secara lebih mahsimal.

Berbagi Informasi

Salah sat masalah utama di industri per-sahaman adalah , sektor dari indutsri saham sangat banyak, ada banking, financing, mining, comodity, konglomerasi, Televisi, batubara, emas , perak, besi, timah dan sebagainya. Dalam satu sektor pun ada sub sektor, sebagai contoh Sektro agrikultur, ada Plantation, Crop, Fishery, dari plantation pun terbagi lagi, ada CPO, Gula bahkan Jagung.

Sehingga sebenarnya pengetahuan kita sangatlah terbatas, dan kita sangat membutuhkan teman – teman dari industri yang bersangkutan untuk mengingatkankita akan bahaya di industri bersangkutan. Sebagi contoh saya pernah beli PGAS di 6000, kebetulan ada teman di forums aham BEI5000 namanya @mel_Cheong mengigatkan, industr8inya lagi jelek karena harga minyak turunm, saya langsung cut loss di 5900, dan hingga saat tulisn ini dibuat harga saham PGAS turun ke 2700 seperti prediksi teman saya tersebut.

Saat itu kalau tidak diingatkan oleh teman, saya cenderung berpikir, apa hubungannya gas dengan minyak, bukankan dua bahan baku yang berbeda, lagipula PGAS adalah distributor, mestinya tidak terlalu terpengaruh. Namun dengan sbaar teman saya menjelaskan hubungan antara investasi pada PGAS dengan harga minyakl. Dan dari sana saya bisa mengambil keputusan dengan bijak untuk mejual PGAS.

Bayangkan kalau tidak ada teman yang mengingatkan, kerugian yang saya alami bisa lebih besar lagi. Dengan adanya teman yang berbagi informasi, kita menjadi lebih cepat tanggap akan situasi industri di sektor riil.

Terus Belajar

Keep Hungry, Keep Folish

Kata Steve Job “Keep Hungry, Keep Folish

Ketika anda merasa malas karena sudah merasa tau, ingatlah untk terus belajar sebab itulah cara untuk menjaga agar passion itu terus bertumbuh dan tidak sampai mati. Dengan adanya komunitas maka kita akan bertemu dengan trader maupun investor lain dan ada banyak sekali hal yang bisa kirta pelari. Bai belajar dari kisah sukses trader lain, maupun belajar dari kegagalan trader lain.

 

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: