Saya kadang suka ketawa sendiri ketika ada online shop marah marah sendiri di wallnya, gara – gara ada ada calon pelanggan yang banyak bertanya, konsultasi ini itu tetapi tidak jadi beli.

ada yang berkata (di wall FB nya sendiri)

“Nanya doang banyak, beli kagak !!!”

“Bikin habis waktu aja, nanya terus tetapi ga beli”

Bahkan ada pula yang kadang memaki calon pelaggannya di wall fb.

Menurut saya ini adalah hal yang kurang baik, bagaimana pun ada calon pelanggan yang Nanya saja, harusnya disyukuri.

Saya pribadi serang mendapatkan pengalaman demikian, ada beberapa orang yang sering nanya – nanya tentang saham ke saya, ada pula yang nanya – nanya tentang buku yang saja jual, dan bahkan sudah membuat PO nya, tetapi kemudian tidak transfer.

Namun bagi saya itu adalah perilaku konsumen dan begitulah bisnis berjalan, ada yang langsung ransfer dan jadi beli, tetapi tidak sedikit juga yang hanya nanya – nanya , bikin PO tetapi tidak jadi beli, itu biasa. Dan saya tidak lantas ngamuk – ngamuk di FB tentang hal tersebut. Saya diam saja, karena ya bagitulah perilaku manusia, bahkan saya sendiri pun kadang seperti itu, wajar saja.

Yang menarik adalahh, walaupun orang – orang yang bertanya ke saya dan konsultasi tetapi tidak jadi membeli produk, saya perhatikan, beberapa saat kemudian atau mungkin beberapa hari atau minggu kemudian, ada orang lain menghubungi saya untuk membeli produk yang saya jual, dan dia berkata

“saya tau bapak dari pak amir (nama samaran), katanya buku bapak bagus”

Nah si pak amir tersebut adalah orang yang tadinya mau beli barang di saya, sudah nanya – nanya bahkan bikin PO tetapi tidak jadi beli. Andaikata setelah si pak amir di atas PO dan tidak bayar lantas saya ngamuk – ngamuk di wall, kemungkinan besar dia tidak akan merekomendasikan saya ke temannya.

Kita tau sendiri, dunia sosial media adalah dunia mulut ke mulut (viral), dan dalam viral marketing, rekomendasi teman adalah sesuatu yang sangat diperhatikan. Kalau kita ngamuk – ngamuk ke calon pelanggan, si calon pelanggan mungkin diam saja, dan bahkan mungkin lebi parah lagi dia akan berkata jelek tentangkita di belakang.,sehingga nama kita atau nama toko kita akan menjadi jelek dan orang menjadi anti belanja di toko kita.

tetapi kalau kepada siapapun , baik yang jadi beli , atau tidak jadi beli, kita tetap ramah dan melayani dengan baik, saya percaya bahwa calon pelangan tersebut , walau tidak beli produk kita,akan senang dengan pelayanan kita dan akan merekomendasikan produk atau toko kita ke orang lain.

Jadi bagi anda yang saat ini suka marah marah kalau pelanggan tidak jadi beli, mungkin anda kurang liburan, coba rilex sejenak hahaha.

Facebook Comments
News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: