Teman : Pasti ga akan beli, mintanya gratisan

Salah satu hal menarik juga ketika saya membangun bisnis adalah, ternyata orang yang paling sulit saya tawarkan barang yang saya buat adalah TEMAN sendiri. Anda  yang pernah mengalami pasti tau sakitya dimana. Disiniiiii.. 😀

Entah kenapa itu terjadi, teman yang sebenarnya kita harap – harapkan untuk support usaha yang kita buat malah tidak support, lebih parahya lagi ada yang minta gratis :D. Namun terus terang saya pun begitu kok :D, jadi saya sih tidak terlalu mempermasalahkan.

Bahkan menjual kepada orang yang saya tidak terlalu kenal itu jauh lebih mudah daripada menjual kepada orang yang sudah kita kenal. Bahkan jual ke saudara juga sama sulitnya. mintanya gratisan aja.

Jack ma menulis ” saudara dan teman, mereka mikir kita untung berapa, mereka tidak mikir manfaat yang akan mereka dapatkan dengan membeli produk kita”

Itu poinnya. Dan itulah dunia ini , ga adil emang, gak fair, tapi terimalah , inilah bisnis, sedari dulu demikian deritanya.

Memanfaatkan Teman

Fenomena kedua yang saya perhatikan adalah, walaupun teman dan mungkin saudara adalah orang yang paling anti beli barang yang kita jual, tetapi mereka juga adalah orang yang paling bangga ketika kita sukses.

Memang bentuk kebanggannnya tidak ditunjukan dengan membeli produk yang kita jual, tetapi mereka adalah orang yang paling aktif ngomongin bahwa kita membuat suatu produk. sering kan kita dengar “hebat euy, teman gw punya resto, enak lho” padahal kalau disuruh beli engga mau. Inilah kenyataahn hidup.

Bagi saya, solusinya adalah , kita bisa memanfaatkan fenomena ini dengan memberikan FREE SAMPLE atau FREE PRODUK kepata teman – teman atau saudara kita yang “pelit duit”.

Kok malah dikasi gratis ?

Tujuannya adalah MARKETING, seperti yang saya jelaskan di atas, walau teman dan saudara sepertinya paling anti beli barang yang kita jual, tetapi mereka juga yang paling bangga ketika kita sukses. Sehingga dengab memberikan produk gratis, mereka akan seperti “brand ambasador” , mereka seperti dilengkapi dengan peralatan untuk lebih lagi mempromosikan produk yang kita jual.

Dengan demikian teman dan saudara akan diberdayakan sebagai AGEN PENJUALAN. Mereka senang kita sukses, lebih senang lagi dikasi barang gratisan dan akhirnya secara aktif mereka akan mempromosikan usaha dan produk yang kita jual.

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: