Tips Olahraga (Fitness) Bagi Trader Saham

Trader saham adalah suatu perkerjaan yang berhubungan dengan meja dan tempat duduk, Kadang seharian ketika fokus trading, saya dudku lebih dari 6 jam di depan komputer. Dan sebenarnya ini adalah sesuat yang tidak sehat (secara klinis).  Perubahan jaman memang membawa taraf hidup manusia menjadi lebih baikm, namun tidak sedikit juga penyakit yang timbul akibat perubahan jaman(penyakit moderen). Dan Kursi yang mungkin saat ini sedang anda duduki adalah bagaian “Silent killer atau pembubuh yang sedang diam – diam merenggut kesehatan anda.

Bagaimana menangainya, berikut beberapa tips kesehatan yang telah saya praktekan, dan lumayan, berat badan saya telah turn dari 104 Kg, saat ini hanya sekitar 89Kg atau telah turun15Kg dalam waktu 2 tahun.

Waktu

menjadi trader saham bukan berarti memniliki banyak waktu, jika di tambah waktu analisa, terkadang total waktu kerja saya di atas 8 jam,sehingga sebenarnya waktu luang sangat sedikit. Walaupun saya saat ini menjadi anggota sebuah Gym (Celfit), namun maksimal seminggu hanya bisa 2x ke celfit,s ebab bolak balik saja memakan waktu 1 jam 30 menit. Sehingga untuk mengimbang jarangnya waktu olehraga maka saya menerapkan HIIT (High Intensity Interval Training)

HIIT

HIIT adalah sebuah jenis olahraga dimana waktu olahraga tidaklah panjang (sehari kalau di rumah saya olehraga hanya 10-20 Menit), tetapi dengan intensitas yang sangat tinggi. Bayangkan, seluruh baju basah karena berkeringat hanya dalam waktu 10 menit. Dan saya perkirakan hanya dalam 10-20 menit saya telah membakar sekitar 200-250 Kalori, cukup banyak bukan.

Saya senang konsep HIIT karena cocok dengan pekerjaan ini yang ternyata sangat menyita waktu. Dan efektif , cukup 10 menit sehari, minimal badan pun jadi lebih berbentuk dan segar

Anda bisa cari sendiri videonya disini :

https://www.youtube.com/results?search_query=popsugar+10+minute+hiit

Treadmill

Di rumah saya memiliki treadmill , namun jika hanya jalan dengan treadmill kadang terasa bosan dan juga buang waktu sebab kalau intensitas biasa, perlu waktu 30 menit untuk membakar 200 kalori, untuk meningkatkan intensitas latihan, maka sambil treadmill, saya memegang 2 buah barbel seberat @6 Kk serta memanggul tas seberat +- 15 Kg sehingga total saya mengangkat beban 27 Kg sambil berjalan dengan Incline MAKSIMAL.

Dan kadang saya latihan treadmill, tapi bukan jalan pakai kaki, tetapi pakai tangan 😀 sebagai variasi aja, dan membantu agar lebih refreas dan tidak bosan dalam menggunakan treadmill.

 

Latihan Perut

RH LIEMB

Tuh anda liat perut saya rata kan 😀 itu karena lagi nahan napas hahaha. engga, beneran mulai rata. Perut rata bukan hanya terlihat keren, namun riset membuktikan bahwa perut yang terlalu buncit memililiki resiko yang lebih besar untuk diabetes dan masalah jantung (karena kebanyakan lemak).

Sebelum ini saya biasa hanya sit up saja, namu tidak efektif, lama – lama bosan juga ya kalau latihan tapi tidak efektif. Namun setelah saya cari – carai dan coba sendiri , ternyata yang paling efektif adalah PLANK dan Rusian twist, masing – masing latihan tersebut seharti hanya 2 menit, dan hasilnya bisa anda lihat sendiri

 

 

 

Di atas adalah contoh PLANK, anda hangan pikir mudah, awalnya saya 15 detik aja menahan posisi PLANK tidak bisa. Saat ini bisa 1 menit per repetisi (pengulangan). Target saya bisa 3 menit.


Video Rusian Twist

Mengerti Cara Kerja Otot

Tubuh adalah mesin yang luar biasa, dengan cepat tubuh akan menyesuaikan diri dengan jenis olahraga yang anda lakukan. Misal ketika anda sering melakukan jogging, maka di awal jogging, tubuh akan memperbesar otot di wilayah paha. Namun jika kecepatan jogging tidak ditingkatkan maka pembesaran otot akan berhenti.

Oleh sebab itu dalam melakukan suatu jenis olahraga, harus selalu meningkatkan intensitas (bukan waktu) dan juga milikilah variasi gerakan baru (yang akan mendukung keberlangsungan olahraga secara psikis) . Dengan youtube, saat ini banyak sekali variasi olahraga yang bisa anda tonton.

Biasakan mengganti pola olahraga anda stiap 1-2 bulan sekali, sehingga tubuh tetap penasaran apa yang dibituhkan, sehingga dengan demikian terus menambah massa otot.

Dengan mengerti cara kerja otot, maka saya akhirnya lebih banyak patihan dengan menggunakan beban, dan ljauh lebih efektif, dulu saya latihan push up bisa 20x tanpa beban, namun efekny atidak sebesapa, saat ini say amenggunakan tas punggung, mengisinya dengan bukku dan barbel kecil hingga sebesrat 15 kilo dan bisa push up dengan beban 15 kg. Wlapun tidak sampai 20x tetapi otot terbentuk lebih cepat.

 

Facebook Comments

Leave a comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: