USaha start-up seringkali di asosiasikan sebagai pekerjaan / usaha dengan teknologi tinggi, Start up umumnya menggunakan perangkat komputer dan kemajuan teknologi sebagai basis bisnisnya. Hal ini kemduaian seringkali membuat saya ketika membuat sebuat inovasi atau fitur untuk bei5000 , menjadi tergoda untuk berpikir terlalu keras, fitur apa ya yang cocok untuk bei5000.

Apalagi di tengah persaingan yang ketat, sebab kompetitor juga tidak sedikit, ada yang menawarkan fitur serupa yang berbayar (misal stockbit) , tetapi ada juga yang menawarkan fitur serupa tetapi gratis, seperti investing.com, msn.com, fasilitas dari online trading dan lain sebagainya.

Dan saya pelajari, apapun fitur yang saya atau koompetitor buat, tidak perlu waktu lama untuk kompetitor lain menirunya. Apalagi posisi bei5000, modal kami tidak sebesar yahoo, atau msn atau Online trading.

Sehingga kalau dipikir – pikir lagi, jika kami bersaing dari sisi fitur yang canggih, pasti kalah.

Mengerti apa Yang diinginkan pengguna

Suatu ketika, saya mengadakan traiing saham privat untuk beberapa investor yang tergolong baru, dan setelah bercakap – capak dan memberikan training, mereka menanyakan bagaimana caranya untuk menghitung keuntungan per transaksi berdasarkan harga beli dan jual serta dikurangi komisi broker.

Dari sana, lantas saya membuat suatu file excel, yang akan meminta harga beli, harga jual, fee beli, fee jual serta jumlah dana. Dan file excel terebut bisa menghitung keuntungan atau kerugian dari sebuah transaksi saham.

Dari file excel tersebut kemudian di ubah menjadi sebuah fitur kalkulator saham di bei5000 di : http://k.bei5000.com/kalkulator-saham/

Dan dampaknya luar biasa, ini adalah fitur yang sangat sederhana, tetapi respon pengguna luar biasa. Dari kalkulator ini, kami kemudian mengembangkan beberapa jenis kalkulator lain, seerti kalkulator untuk hitung proyeksi investasi di masa depan (kalkualtor compound interest), kalkulator untuk hitung harga teoritis right issue, dan berdasarkan permintaan seorang pengguna di bei5000, kami lantas membuat kalkulator untuk hitung berapa harga rata – rata pembelian suatu saham jika sahan tersebut dibeli di beberapa harga secara bertahap.

Semua fitur yang sangat simpel, tetapi dari data yang masuk, fitur – fitur tersebut saya amati digunakan setiap hari , berkali – kali. Ratusan orang menggunakannya. Dan dari sini saya belajar bahwa tidak selalu perusahaan start-up membutuhkan dana yang besar, dan dengan memahami apa yang orang butuhkan, itu dapat memperkecil dana yang dibutuhkan perusahaan untuk berkembang.

Mendengarkan (membaca) apa yang pengguna butuhkan

Salah satu cara untuk mengerti apa yang pengguna inginkan adalah dengan mendengar apa yang mereka katakan, dalam hal ini, karena kami forum online, berarti MEMBACA apa yang mereka butuhkan.

Memang ini tidaklah mudah, sebab seringkali kepala kita sudah terisi dengan paradigma kita sendiri tentang apa yang orang butuhkan, sehingga seringkali kita tidak bisa melihat dengan jelas dari sudut pandang orang Lain

Saran saya adalah, sesekali pengusaha harus bertemu langsung dengan pelanggannya dan ngobrol santai, dari sana biasanya akan tercetus ide – ide simpel tapi powerful, karena ketika bertemu, orang akan menjadi lebih terbuka mengenai apa yang mereka butuhkan.

Teknologi adalah media

Pneguasaha start up harus mengerti bahwa teknologi adalah media, sehingga start up harus tetap berfokus kepada pengguna dan bukan teknologi, jangan sampai terjebak di pengembangan teknologi, tetapi salah arah. Dan yang menjebatai antara teknologi dan pengguna adalah desain user experience. Simpel saja, percuma bikin fitur canggih tetapi tidak digunakan. Karena mungkin salah desain, di bawah ini ada gambar yang menjelaskan secara jelas bagaimana itu sering terjadi

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah, jangan terjebak pada pengembangan fitur / teknologi hingga mengabaikan pengguna. Ingat pengguna lah yang membayar anda bukan teknologi / fitur. Fouslah pada manfaat yang diterima oleh pengguna, keep it simple.

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: