@nard89
@cmonoarfa iya pak,berat banget godaannya kalau sering lihat runing trade..,mau tanya penggunaan fibo retracmen utuk saham uptrend kaya #ICBP gimana ya?

@cmonoarfa

#ICBP dgn fibonacci retracement

Langkah pertama kita cari dulu trendline yg break, saya bikin 3 trendline, yg merah, biru dan hijau . Merah udah break, dari swing high dan swing low yg dilewati oleh trendline merah, karena merah adalah downtrend line, maka yg harus dihitung adalah berapa persen pantulan dari bawah, maka 0% diletakkan di swing low begitu juga downtrend line biru, udah break, maka dibuat fibonacci dari lowest ke highest yg dileawti pleh trend line biru . sebaliknya trend line hijau blm break, maka blm bisa dibuat fibonacci.
3 hours ago
#ICBP udag ketemu target di fibonacci biru tuh 161,8% turun tuh, paling gak ke 123,6%, bahkan bisa ke 100%
titik 0 selalu diletakkan di tempat darimana pantulan dihitung. Dalam kasus #ICBP tadi, fibo merah, 0 nya ditempatkan dibawah, di harga terendah yg dilewati oleh trendline merah
ini gambarnya saya capture ulang agar keliatan titik 0 nya diletakkan di harga terendah yg dilalui oleh trendline merah
#WIKA ada 2 trendline turun dan 1 trendline naik yg sudah patah, bisa kita buat fibonacci nya
Langkah pertama tentukan trendline, aku tandain pake lingkaran merah
Langkah kedua periksa apakah trend line udah patah udah patah atau belum. Saya tandain pake lingkaran biru, sebagai titik patahnya trend line. Trendline turun nya saya tandain dgn garis vertikal .

diantara 2 garis vertikal tsb tentukan titik tertinggi dan titik terendah. Bila trendline turun, maka titik 0 ada dibawah, bila trendline naik titik 0 ada di atas. Coba cek chart #WIKA, di situ ada trend naik dan trend turun.  Makin panjang time frame yg dilihat, maka kemungkinan titik tertinggi dan titik terendah akan makin jauh. Apalagi klo pake timeframe all time, sejak ipo sampai saat ini, keliatan tuh titik ATH dan ATL. Tapi selalu gunakan trendline yg udah patah.
#WIKA tanpa indikator
titik 0 merah, 0 biru berimpit denga 100 hijau, Karena trendline merah dan biru melewati titik ternedah yg sama, Sedangkan trendline hijau adalah trendlien naik, jadinya terbalik dbg trendline sebelumnya.

bisa seperti itu, tetapi aku lebih suka bersikap hati2 pada setiap garis fibonacci, bisa saja harga tembus atau malahan mantul.Setiap kali temus 1 garis fibonacci, target berikutnya adalah fibonacci terdekat.  Ada 2 macam fibonacci retracement yg sering dipakai, setidaknya begitu yg saya baca. Pertama untuk harga yg bergerak diantara 2 titik tertinggi dan terendah. Kedua Fibonacci untuk harga yg membuat rekor baru all time high ataupun all time low.

Untuk kasus pertama, peluang retracement paling besar mencapai 50%. Artinya paling sering kejadian bila ada retracement, maka harga akan mencapai 50% lalu mantul. Peluang kedua terbesar adalah bila harga tertahan di 38,2% maka selanjutnya akan menuju 61,8% (50% juga tercapai)
Untuk Kasus kedua bila tercipta ATH/ ATL, maka yg paling sering tercapai adalah 161,8%. Bila 161,8% terlewati tanpa perlawanan yg berarti maka akan menuju 261,8%. Bila keduanya dilewati tanpa konsolidasi (trend terlalu kuat) maka 423,6% akan tercapai dan setelah itu pasti terjadi konsolidasi
Ambil contoh #WTON nih, masih bersih
Kita dapat nih 1 trendline turun di antara 2 garis vertikal, udah break.
Kita lihat trend nya sedang jalan turun, jadinya kita pengen mengetahui seberapa jauh pergerakan harga yg terjadi
Maka kita letakkan fibonacci seperti begini
pada lingkaran merah kita bisa katakan #WTON rebound sebesar 78,6%
pada lingkaran hijau kita katakan #WTON rebound 50%
Saat kita lihat perjalanan #WTON sempat konsolidassi di sekitar 38,2% (lingkaran kuning) maka kemungkinan bila retracement terus berlanjut, peluang terbesar menuju 61,8% (lingkaran ungu)
ini dari bukunya Satrio Utomo
ini lanjutannya
Kita cek dulu hasil teorinya Pak Satrio Utoma, katanya peluang terbesar saat terjadi retracement adalah mencapai 50%
Ya sutra lah, kali ini beliau benar, karena ternyata retracementnya melewati 50%, bahkan mencapai 78,6%. Sebaiknya kita ambil angka aman 50% aja, klo bisa lewat alhamdulillah banget.
Yang berikutnya, beliau mengatakan bila terjadi trend reversal dan harga langsung menuju 61,8%, harga sangat berpotensi utk langsung bergerak ke 38,2%
Kali ini benar lagi beliau, kita lihat stlh harga langsung menuju ke 78,6% (lingkaran kuning titik 61,8% terlampaui), setelah itu harga langsung menuju 38,2% (lingkaran biru)
bahkan harga makin mengerikan, turun kehilangan kendali, hampir menuju titik 0% (titik awal retracement)
Selanjutnya harga #WTON rebound lagi tuh, tembus 38,2% dan langsung menuju 61,8%. Pengamatna Pak Satrio di halaman 126 No.3 terbukti lagi deh
selama harga bergerak di antara 31,2% dan 61,8% udah 2 kali profit, keluar masuk
beli di lingkaran merah jual di lingkaran hijau
Selanjutnya bagaimana pergerakan WTON?
lihatnya secara global, di titik ungu, #WTON tembusresisten. Walaupun masih main2 di sekitar resisten, tanpa melihat MACD, bisa dikatakan #WTON akan lanjut ke atas
lingkaran ungu itu #WTON meyakinkan tembusnya pakai candle pajang, aku berani mengatakan resisten itu telah menjadi support yg cukup kuat
klo harga #WTON turun lagi mendekati support itu, kemungkinan besar akan rebound.

@cmonoarfa

49 mins ago
coba cek indikator lainnya, bila MACD dan CCI mendukung, yg udah pegang #WTON boleh hold dengan tenang. Trendline hijau yg adalah trend turun sudah patah, artinya skrg #WTON udah dalam fase trend naik.

@cmonoarfa

48 mins ago
Target naik #WTON pertama di fibo 78,6% , bila terus menguat, boleh target ke 100%

@cmonoarfa

45 mins ago
Masih ragu2 juga, bikin aja fibonacci lain yg lebih kecil

@cmonoarfa

44 mins ago
ada trend turun juga warna merah, lebih kecil timeframe nya

@cmonoarfa

42 mins ago
di zoom in ke trendline merah keliatan pergerakan retracement ke 50%, mondar mandir ke 38,2% trus naik ke 61,8%
kita dapet titik aman lagi di 1040, break dari 1040 boleh nambah lagi, krn 1040 adalah resisten high selama 4 bulan
Perhatikan fibonacci hijau 78,6% berdekatan dengan fibo merah 123,6%. Klo dekat2 titik itu, mesti hati2, karena ada kemungkinan harga berbalik
bila tembus dengan sukses, boleh deh target 161,8% merah yg kebetulan banget dekat dengan 100% hijau.
sampai trend naiknya patah, baru kita bikin fibonacci lagi. Begitu seterusnya selama fibonaccinya blm patah, bisa dipakai terus, bahkan makin bingung karena banyak garis yg saling berdekatan. hehehehehe
Semoga berguna yah, jadi makin banyak analis yg menyumbang pikiran di forum, makin banyak emiten yg dilihat.

@nard89
jika di aplikasikan ke #ACES gini jadinya pak.bner ga?soalnya saya sambil corat coret sendiri nih..

@cmonoarfa

32 mins ago
100% yg fibonacci tosqa diletakkan di awal trendline kan?
udah benar, keliatan #ACES udah sekali percobaan tembus 100%, mungkin akan konsolidasi sampe ke sekitar 78,6%

@cmonoarfa
ini bicara fibo tosqa, klo gak kuat lewatin 1025, kemungkinan balik lagi ngumpulin kekuatan ke 78,6%
angkanya ada di 908, yg entah kenapa berimpit dgn 61,8% biru. Siap2 aja jadikan 910 sebagai titik penting, entah cutloss atau nambah muatan.
atau bahkan sbg entry point
Klo besok tembus keatas, alhamdulillah deh, taro target ke 161,8% biru
masih cukup kuat, boleh taro ke 123,6% tosqa
ikut trend saja, dengan titik2 kritis di sekitar fibonacci.
Facebook Comments
News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: