Strategy Builder – Cara mudah melakukan Technical Screening

Dalam trading saham, pemilihan saham harus dilakukan dengan hati-hati agar saham yang dibeli berakhir menguntungkan. Ada banyak jenis teknik analisis saham, tapi ada dua yang paling populer dikalangan pelaku bisnis saham ini yaitu Analisa Fundamental dan Analisa Teknikal. Analisa Fundamental dan Analisa Teknikal ini mungkin sudah banyak dibicarakan atau ditulis dalam blog-blog trader di internet yang bisa langsung dibaca. Pada tulisan ini akan membahas strategi teknikal dengan memanfaatkan fitur Strategy Builder di website juragansaham.com

The Tools

Strategy Builder bisa diakses dengan cara :
1. klik www.juragansaham.com dengan menggunakan browser FireFox atau Chrome
2. Pilih Menu EOD Screener
3. Pilih sub menu Strategy Builder

Sebagian besar trader biasanya melakukan screening saham ketika market berakhir dengan cara melihat chart saham satu persatu untuk melihat ada tidaknya sinyal positif berdasarkan teknikal indikator yang sudah mereka pahami. Tapi dengan semakin banyaknya saham yang terdaftar di bursa , tentu cara ini sangat tidak efisien karena akan menyita banyak waktu. Untuk itu juragansaham.com menghadirkan Strategy Builder ini untuk memudahkan para trader dalam melakukan screening saham secara teknikal dengan cepat, sehingga tidak banyak waktu yang terbuang. Sebelum menggunakan fitur ini, diharapkan user sudah memahami dasar-dasar Teknikal Analisis dan mengenal sinyal-sinyal dari teknikal indikator misalnya Moving Averages atau MA.
Apabila anda adalah pemula dan baru saja terjun ke bisnis ini dan belum pernah mengenal teknikal analisis/indikator, saya sangat menganjurkan anda untuk membaca buku yang berjudul “Menguasai MACD dan MA Untuk Trading Saham” yang ditulis Bapak RH Liembono dan bisa diperoleh di http://k.bei5000.com/2015/10/18/buku-saham-mengusasai-ma-dan-macd
Bentuk tampilan dari Strategy Builder adalah seperti gambar dibawah ini.

 

ui-strategy

Keterangan:
1. Strategy Loader
bagian ini untuk memanggil strategy yang sudah disimpan sebelumnya.
2. Indikator Tabs
bagian ini tab untuk mengelompokkan sinyal-sinyal sesuai dengan indikatorya.
3. Indikator Signal
bagian ini berisikan sinyal-sinyal indikator yang sudah discan secara otomatis oleh system setiap akhir bursa. Biasanya updated otomatis setiap jam 5 sore pada setiap hari bursa.
4. Save Tabs
bagian ini merupakan bagian akhir dari Strategy Builder yang berisikan plan entry dan exit serta tombol simpan dan tombol run.

Contoh Strategy

Sebagai latihan, kita coba membangun strategy berdasarkan sinyal MA Crossover dan Price V/S MA yaitu mencari saham-saham yang harganya berada diatas MA 200 dan MA 5 dgn MA 20 sedang dalam keadaan golden cross .
Langkahnya adalah sebagai berikut
1. Klik Tab Price V/S MA
2. Klik check box Price Above MA(200)
3. Klik Tab MA Crossover
4. Klik check box GoldenCross MA(5,20)
5. Klik Tab Save Your Strategy
6. Klik Run Strategy untuk melihat hasil screening dari strategy yang dibuat
7. Maka akan muncul hasil seperti gambar dibawah ini
8. Klik tombol Save Strategy untuk menyimpan Strategy yang sudah dibuat sehingga bisa dipanggil sewaku-waktu tanpa mengulang langkah 1 sampai 7 diatas.

strategy-rs

Trading Plan dan Filtering Output

Kadangkala, hasil yang diperoleh dari kombinasi 2 atau lebih indikator akan menampilkan list saham yang terlalu banyak. Untuk itu trader bisa melakukan filtering dengan menggunakan dropdown Match Percentage. Match percentage ini akan menyaring hasil dari Strategy yang sudah dibuat berdsarkan tingkat kecocokan hasil dengan kriteria sinyal yang digunakan. Misalnya trader menggunakan 4 sinyal indikator , maka ada kemungkinan hanya match 1 indikator atau 25% dari keseluruhan sinyal yang digunakan, atau keseluruah (100%) match. Fokus kita tentunya adalah saham yang match 100% dengan kriteria sinyal yang dipilih. Untuk menampilkan saham-saham yang 100% match dengan kriteria sinyal maka user bisa memilih Match Percentage > 75%.

ui-strategy-save

 

Untuk penentuan titik masuk, titik ambil untung dan titik penghentian kerugian, trader bisa memilih sendiri dari dropdown list Bid Plan, Stop Loss dan Profit Taking.

What Next?

Membangun sebuah trading strategi adalah sebuah proses, untuk itu mengenal berbagai teknikal indikator akan sangat membantu. Exercise dan signal combining trial akan mempercepat proses penemuan Strategi Trading yang sesuai dengan karakter masing-masing. Remember, practice makes perfect!
Bila pembaca sekalian menemukan hal-hal yang belum jelas dari tulisan diatas, selanjutnya bisa didiskusikan langsung di forum bei5000.com.

@juraganz [juraganzaham@gmail.com]
Founder of www.juragansaham.com

 

Facebook Comments

News Reporter

1 thought on “Strategy Builder – Cara mudah melakukan Technical Screening

Leave a Reply

%d bloggers like this: