Mentalitas Sepeda

Pagi ini , ketika saya mengajak anak saya non film “Masha and the bear” di youtube, ada iklan samsung yang menarik. Say a tertarik karena yang menjadi bintang iklan nya adalah BJB Habibie, mantan presiden Indonesia.

Sekedar pengetahuan saja, selian pernah menjadi Presiden, BJ Habibie adalah salah satu putera indonesia terbaik yang memegang sangat banyak hak paten dalam bidang penerbangan. Hingga saat ini pun, beliau masih bekerja.

Sedkit saya kutip

Kalau ditanya umur saya berapa, say ajawab 80 tahun, 90 kurang 10 tahun, tapi semangat 17 Tahun

Mentalitas apa itu ?

Mentalitas saya adalah mentalitas sepeda, yang berarti, kalau saya berhenti, saya jatuh

Saat saya menulis artikel ini, sebelumnya saya sedang membaca bagian firman Tuhan tentang daud dan betsyeba.

Sedikit kutip alkitab

Daud dan Batsyeba

2 Sahmual 11:1 Pada pergantian tahun,   pada waktu raja-raja biasanya maju berperang, maka Daud menyuruh Yoab  maju beserta orang-orangnya dan seluruh orang Israel.   Mereka memusnahkan bani Amon dan mengepung kota Raba,   sedang Daud sendiri tinggal di Yerusalem

Ini akar permasalahanya

pada waktu raja-raja biasanya maju berperang, maka Daud menyuruh Yoab  , Daud sendiri tinggal di Yerusalem

Saya pribadi bukan tidak setuju dengan Delegasi, dalam manajemen yang baik, delegasi tugas pasti ada, kita ga bisa mengharapkan pemimpin melakukan semua tugas. Pemimpin yang baik harus ada delegasi tugas. Namun jangan sampai KEBABLASAN Delegasi tugasnya.

Tugas raja, salah satu yang terutama adalah untuk melindungi rakyatnya dan dalam konteks di atas, raja – raja lain maju berperang, tetapi daud mendelegasikan tugasnya kepada Yoab. Dan  ternyata ini Mungkin adalah mis-manajemennya Daud, dimana harusnya Daud yang berperang tetapi dia meyuruh orang lain melakukan tugasnya.

“papa kerja aja, mama yang berdoa, titip doa buat papa ya “, pernah dengar kata – kata itu ?

Tidak berhenti sampai disana, dikatakan pada bagian berikutnya, Daud sendiri tinggal di Yerusalem.

Ada yang mengatakan bahwa,, tantangan pemimpin adalah Kesendirian, mau tidak mau , pemimpin akan berada dalam posisi yang sendirian. Tidak jarang juga banyak cerita bagaimana anak Tuhan lebih sering terjatuh dalam kondisi mapan daripada dalam kondisi yang lagi berjuang.

Sebab ketika berjuang, biasanya bareng – bareng, tetapi kalau sudah mapan, manusia cenderung sendiri, ada yang mengatakan bahwa, manusia lebih cendeurng membangun tembok daripada jembatan. Ini adalah kecenderungan manusia, ada kalanya , ketika sudah mapan, manusia lebih suka menyendiri.

Ayat ke 27 : Sekali peristiwa pada waktu petang, ketika Daud bangun dari tempat pembaringannya, lalu berjalan-jalan di atas sotoh istana

Mungkin kalau saya terhemahkan dlaam bahasa hari ini

Suatu ketikan presiden obama , setelah selesai tidur siang, sore – sore beliau jalan – jalan di atas balkon gedung putih

Pertanyaannya, kenapa seorang raja bisa tidur siang ?

Bukannya siang adalah waktu bagi semua orang untuk bekerja, teruitama bagi seorang raja yang harusnya sibuk, mungkin menerima tamu negara, mengadili rakyat, mengatur kondisi ekonomi negara, tetapi Obama maaf, daud , malah, Tidur siang

Akhirnya

tampak  kepadanya dari atas sotoh itu seorang perempuan   sedang mandi

Next nya, bisa anda tebak sendiri.

Roda berhenti berputar

Seperti halnya sepeda, ketika daud berhenti bekerja, disitu dia akhirnya terjatuh.

Terus terang ya, awalnya saya ingin pensiun umur 40, dan saya rasa banyak orang ingin pensiun umur 30 atau 40. tetapi ketika mendengar pernyataan BJ Habibie dan membaca kisah daud, saya jadi mengerti bahwa ketika saya pensiun, disitu saya akan jatuh.

Bekerja bukan untukk kumpul uang dengan tujuan HANYA untuk pensiun, tetapi bekerja untuk menghasilkan buah, dan mari, kita jaga agar roda sepeda kita terus berputar.

Tapi tunggu dulu, pastikan anda pakai sepeda roda dua untuk orang dewasa dan bukannya roda tiga buat anak – anak. Kan ga lucu klo  ngaku dewasa tetapi masih pakai roda tiga. emangnya tukang beca 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s