kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam membangun hubungan dengan pelanggan.

Ada satu cara paling mudah untuk membangun relasi dan membuat orang tertarik dengan anda. yaitu Tertariklah dengan orang lain, hehehe.. Atau minimal bantu orang lain untuk mencapai tujuannya / kesuksesanya

Suatu ketika setlah deal menjual produk ke pelanggan, si pelanggan dlam beberap hari kemudian yang kebetulan bisa bikin kue menawarkan lapis legit buatannya seharga +- 300 ribuan. Yang anga tersebut setara dengan jumlah uang produk yang sy jual sebelumnya.

karena kebetulan adik ipar mau ulang tahun, ya saya pikir sekalian lah. Sekalian buat ulang tahun adik ipar, dan juga sekalian untuk membangun relasi. jadi win – win solution. saya membeli barang yang pasti saya pakai juga kan hehehe.

Selang beberapa minggu, si pelanggan yang saya beli kue dari dia, membuat repat order lagi. Dan bukan hanya itu, hubungan juga menjadi akrab dan merekomendasikan produk yang saya jual ke orang lain.

Di kesempatan lain, ada seorang member komunitas bei5000 yang kebetulan menjual kopi, dan saya karena kebetulan suka kopi, serta harga yang ditawarkan masih masuk akal, say alalu membeli kopi dari beliau, bisa ditebak, setelah itu hubungan juga makin akrab.

menurut saya, HAMPIR tidak ada orang yang mau berhubungan dengan saya yang tidak mengharapkan sesuatu. Ya semua patsi ada maunya hehehe, dan ini TIDAK MASALAH, kalau saya bisa jadi berkat buat orang lain ,saya sangat senang.

Saya sangat senang ketika saya bisa membantu orang lain mencapai tujuan mereka dan saya juga percaya ketika saya lakukan hal itu, maka relasi yang lebih erat akan tercipta. Sehingga kalau memang produk saya bagus, maka pelanggan akan senang membuat repat order lagi.

Sehingga mungkin kali ini tips yang saya bagikan adalah, kalau anda sudah jalan jualan online, dan ada customer anda yang menjual suatu barang, dan anda juga perlu barang tersebut, sesekali, belilah dari customer anda, sehingga hubungan menjadi saling timbal balik 😀

 

 

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: