Mungkin salah satu tantangan ketika orang pengen buka bisnis adalah produk yang akan dijual. Kadang saya perhatikan ada orang yang takut membuka usaha karena produk yang dia miliki tidak banyak. tetapi menurut saya ini tidak masalah.

Salah satu toko roti favorit saya adalah roti boy, tdiak seperty bakery lainnya yang menjual belasan atau bahkan puluhan jenis roti, uniknya toko roti ini hanya menjual satu jenis roti saja, yaitu jenis mexican Bun dengan dua rasa yiau vanila dan kopi.

Walau begitu, kalau saya baca di brosurnya, saat ini roti boy memiliki hapmir 70 cabang di seluruh indonesia.

karena saya adalah langganan tetap roti boy, saya mengamati, bahwa mereka pernah juga membuat roti jenis lain, tetapi ujung -ujungnya saat ini balik lagi ke satu jenis roti unggulan mereka.

Efisien

Kelebihan dari menjual satu jenus produk adalah anda akan menjadi ahldi di produk tersebut akibatnya usaha menjadi efisien. Apalagi dalam konteks kuliner, dimana sebenarnya margin sangat besar, tetapi kalau ada yang kebuang, akan mengurasmargin. Dengan hanya memiliki satu jenis produk, maka tingkat efisien si dalam usaha akan sangat tinggi. karena resiko untuk membuang barang sisa lebih kecil.

Tidak banyak pegawai

Karena hanya menjual satu jenbis produk, maka jumlah pegawai yang saya amati di roti boy, rata  – rat ahanya 2 pegawai per shift, bandingkan dengan jumlah pegawai di bakery moderen lain yang bisa mencapai 10 orang per shift. Itupun pegawaroti boy, lebih berfungsi sebagai operator saja, karena semua adonan roti sudah disiapkan di pabrik dan di bakery,hanya dipanggang untuk disajikan kepada pelanggan.

Konsisten

karena hanya memiliki 1 jenis produk, maka usahawan akan lebih fokus dalam mengurus bisnisnya. Bayangkan, kalau ada 10 jenis produk, misal roti sosis, roti pizza, croisant, dan lain – lain, maka usahawan harus memastikan smeua produknya memilki konsistensi kualitas  yang sama setiap harinya. Dan ini adalah hal yang tidak mudah.

Denganb hanya memiliki 1 jenis, produkm aka usahawan bisa memastikan bahwa pelanggan akan mendapatkan produk yang diinginkan secraa konsisten dari sisi kualitas

Kesimpulan

Anda tidka harus besar waku memulai, mualilah dari apa yang ana bisa, kalau anda memilki hanya satu jenis produk, fokuslah akan hal itu. Jadikan satu jenis produk yang anda meiliki sebagai keunggulan dan bukan sebagai hambatan . Pilihan ada di tangan anda 😀

Facebook Comments
News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: