Ketika orang membeli suatu produk, tidak dapat dipungkiri bahwa yang ada dalam benaknya adalah, apa yang akan saya dapatkan. Apa keuntungannya buat saya ? apakah keuntungan tersebut setimpal degan apa yang saya bayarkan ?

Hal tersebut wajar dan semua orang akan berpikir yang sama. Sehingga sebagai seorang pengusaha, anda dan saya harus berusaha untuk menciptakan nilai bagi pelanggan, sehingga secara logis, pelanggan akan merasa “ringan” untuk membayar untuk produk yang anda jual.

Free Voucher

Satu contoh yang telah saya praktekan adalah, dengan memberikan free voucher, pada setiap buku saham yang saya tulis. Jadi, selain menulis buku tentang saham, saya juga mengadakan pelatihan tentang saham.  Harga buku yang saya tulis hanya Seharga RP. 175.000. tetapi apabila anda memiliki buku tersebut, maka anda berhak mendapatkan voucher sebesar RP. 500.000 untuk satu training yang diadakan.

Sehingga logis kan untuk membeli buku, sebab harga yang anda bayarkan hanya RP. 175.000 tetapi nilai yang anda dapatkan adalah , buku itu sendiri (ilmunya) ditambah dengan Viocuher 500.000 untuk acara yang saya adakan. Dan terbukti cukup sukses, untuk meningkatkan penjualan baik buku maupun training

Free E-Book

Cara lain yang saat ini sedang saya coba adalah dengan menerbitkan e-book  secara berkala 1 bulan sekali seharga RP. 99.000 , dan kepada yang pernah membeli buku akan mendapatakn e-book tersebut secra gratis sebanyak 4x.

Mainan

Saya juga pernah mengamati di Hok-Ben dan KFC, dimana pelanggan ditawarkan untuk mendapatkan Mainan anak – anak atau CD Musik secara gratis apabila melakukan pembelian dengan nominal tertentu. Ini cukup menarik, sebab saya juga mengalami, kmisal total makanan yang saya butuhkan hanya seharga Rp. 40.000, namun karena tergoda untuk mendapatkan CD musik gratis, maka saya menambah jumlah pembelian makanan menjadi Rp. 70 ribu misalnya. Demi mendapatkan CD gratis tersebut , karena kebuetlan cd nya adlaah cd lagi anak – anak yang menrut say abagus didengarkan oleh anak saya

Free Ongkir

Ongkos kirim memang tidak mahal, tetapi tidak sedikt orang yang senang apabila ongkos kirim di gratiskan 😀

Ad abanyak lagi cara – cara untuk menciptakan nilai, anda tinggal kreatif aja. 😀

Limited Edition

Ciptakan penawaran terbatas, misal Diskon 10% hingga tanggal waktu tertentu, atau produk yang benar – benar limited edition. Dengan adanya edisi terbatas, atau batasn, maka produk anda kaan lebih dihargai, karena pelanggan memiliki urgensi untuk segera membeli produk yang anda jual.

Sebagai contoh juga, di beberapa mall say aperhtaikan setiap kali diadakan midnight sale, pengunjung lanata smembludak,  karena ada urgensi waktu (pembatasan diskon dengan waktu tertentu hingga jam 12 malam)

 

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: