Kemewahan dalam bekerja

Salah satu kenikmatan yang banyak orang bayangkan ketika ingin menjadi wiraswasta adalah , bisa bekerja kapanpun dan juga kalau bisa dimanapun. Namu pada kenyataannya, ketika menjadlani pekerjaan sebgai seorang wiraswasta, kadang hal ini terlupakan.

Karena rutinitas, saya lupa bahwa itu adalah privilege / hak istimewa saya sebagai wiraswasta. Kadang karena inggin menghemat pengeluaran, maka saya lantas memangkas berbagai pengeluaran yang sepertinya tidak perlu.

Dan barusan saya membaca sebuah artikel mengenai hal ini, yan gsalah satu poinnya adalah “belilah kopi dari coffee shop”

Menghargai waktu

Salah satu poin utamanya adalah menghargai waktu, daripada membuat kopi sendiri dan menghabiskan waktu banyak, anda harus berfokues untuk menghargai waktu yang anda miliki dan lebih baik membeli kopi dari coffee shoop, daripada membuat kopi sendiri.

Dalam konteks kopi saya kurang setuju, sebab saya adalah penggemar kopi, dan saya cukup fanatik dengan kopi yang saya bikin sendiri :D. Tetapi saya nangkap poinnya. Intinya adalah kalau ada sesuatu yang bisa di delegasikan kepada orang lain, walau harus membayar. Bayarlah, daripada anda harus menghabiskan waktu untuk mengerjakan sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu Penting.

Enjoy The work – meningkatkan produktivitas

Walau saya fanatik dengan kopi bikinan saya sendiri, ettapi tidak jarang juga saya ke coffee shop. Bkan hanya msalah kopinya, tetapi masalah suasana.

Manusia bukan robot, manusaia adalha mhkluk yang emosional, dan walaupun laki – laki, tetapi saya pribadi ngaku bahwa sisi emosiaonal dalam diri saya cukup berperan besar dalam produktivitas kerja. ketika mood lagi bagus,kerjaan apapun bisa beres dalam waktu singkat, sebaliknya kalau mood jelek, kerjaan sederhanapun kadang tidak beres – beres.

Dulu saya berpikir, ngapain buang duit Rp. 50 ribu ke starbucks buat ngopi. Tetapi kemudian saya merasakan bahwa ketika sesekali ngopi di starbucks sambil kerja disana (biar gaya dikit), maka hal tersebut sangat meningkatan mood saya, sehingga apa yang saya dapatkan (produktivitas), jauh lebih besar daripada apa yang saya bayarkan. Karena saya bisa lebih menikmati proses dalam bekerja (karena suasaa di coffee shop).

Jadi tidaklah salah kalau sesekali anda bekerja di  tempat yang anda sukai, tidak harus coffee shop. Saya omong coffee shop karena saya suka ngopi. Kalau mungkin anda suka alam, anda bisa bekerja di pekarangan atau di tempat yang anda sukai.

Jangan hanya ukur nilai uang yang anda keluarkan, tetapi ukur juga produktivitas yang bisa anda tingkatkan.

Contoh lain,  walau di rumah saya ada cukup banyak alat buat oleh raga (karena saya tidak butuh terlalu banyak alat olahraga), tetapi seminggu minimal sekali saya menyempatkan diri ke Gym, karena bukan hanya masalah alat yang lebih banyak disana, tetapi suasana nge-gym membuat saya lebih bersemangat lagi untuk olahraga di rumah.

 

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: