Dibatasi untuk menjadi tak terbatas

manusia adalah mahkluk yang unik, sesuatu yang tak terbatas cenderung tidak dihargai oleh manusia. Sebagai contoh, seberapa sering anda merasa bersyukur atas udara yang anda hirup, air yang anda minum, dan maaf bisa BAB aja anda beryukur ?

Saya pernah alami suatu kejadian dimana radang tenggorokan menjadi sariawan besar di tenggorookan, alhasil, minum air saja sakit luar biasa. Dan dalam waktu seminggu berat badan turun 5 kilo. Karena minum air saja sakit, makan juga hampir tidak bisa, porsi kecil sekali.

Dari sana, saya kemudian bersyukur tiap kali bisa minum air.

Cenderung suatu yang tidak terbatas tidak dihargai. Hal yang sama juga berlaku untuk marketing, ketika ada diskon terbatas, maka suatu barang akan lebih laku. Karena orang – orang akan merasa ada suatu kepentingan atau urgensi untuk membeli barang tersebut (karena diskonnya dibatasi waktu)

Produktivitas

hal yang sam ajuga terjadi pada produktivitas, mau ga mau, kita harus mengakui bahwa waktu yang kita miliki hanya 24 jam sehari. 8 Jam buat tidur, sehingga tersisa 16 jam, dikurangi waktu buat kegiatan pribadi dan keluarga, maka mungkin waktu produktif untuk bekerja hanya 8 jam saja.

Sebanyak apapun uang yang anda miliki, waktu yang anda punya hanya 24 jam sehari.

karena bekerja di rumah, saya merasakan suyatu hal yang mungkin lucu. Ya karena bakerja dari rumah dan tidak memakai pembantu serta baby sitter,maka saya juga harus ikut membantu mengurus beberapa tugas rumah tangga.

Yang kadang saya alami sehubungan dengan produktivitas, ketika saya memiliki waktu hanya satu jam ,karena pagi – pagi harus mengantar anak, maka saya bisa mengerjakan misal 10 pekerjaan yang cukup berat. tetapi sebaliknya ketika siang hati, ada waktu 5 jam, saya bahkan tidak bisa mengerjakan 8 tugas sederhana.

Kenapa ?

Karena selam 5 jam , sebagian waktunya dihabiskan buat facebook-an hahaha..Sementara ketika wkatu hanya 1 jam, saya merasa perlu untuk segera konsentrasi, menutup media sosial dan langsung mengerjakan tugas – tugas terpenting.

Karena tidak ada batasan, membuat kita tidak menghargai waktu, tetapi ketika ada sesuatu yang membatasi, waktu menjadi lebih berharga, sehingga kita akan bekerja lebih fokus (karena fokus dibutuhkan ketika waktu terbatas).

Budgeting

Hal yang sama pernah say apalikasikan untuk budget. Ada teman berkata bahwa sebenayak apapun gaji kita, jika tidak di atur, maka tidak akan cukup, dan ini benar. Suatu ketika saya coba membatasi diri atau budget dengan cara, ketika mendapat pemasukan, maka sejumlah tertentu langsung saya tarik cash dan simpan di tempat yang sulit dijangkau / repot kalau mau di ambil.

Misal kebutuhan bulanan untuk bayar gaji pegawai, listrik, internet dan lain kebutuhan lain, lansgung saya ambil cash.

Dan terbukti cukup sukses, sebab kalau ada uang banyak di ATM, kita cenderung tidak sadar menggunakan uang tersebut., Tau – tau habis aja hahaha.

Meningkatkan produktivitas

Walau kadang saya merasa jengkel karena isteri kadang meminta bantuan ketika jam sibuukm tetapi saya juga menyadari bahwa, kalaupun say abekerja 24 jam sehati tanpa istirahat , tetap aja waktu tidak akan cukup.

Disinilah saya sering merenung, apa sih yang bisa saya kerjakan yang benar – benar menghasilkan hasil yang maksimal. Sebagai contoh kalau dulu saya membuat analisa saham seorang diri, dan membutuhkan waktu yang cukup intensif, karena kekurangan waktu dan ingin meningkatkan produktivitas, maka saya membuat suatu komunitas dimana di dalam komunitas itu bukan hanya saya yang membuat analisa saham, tetapi juga member dari komuinitas tersebut. Dan terbukti lebih sukses daripada kalau saya bekerja 24 jam sehari.

Batasan adalah batu loncatan

Anda boleh memilih untuk menjadikan batasan sebagai alasan untuk tidak maju, tetapi anda juga memiliki piilihan untuk menjadikan batasan sebagai batu loncatan, ketika waktu atau uang anda terbatas, maka mulailah lebih banyak berpikir, apa yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas, Misal pendelegasian tugas yang lebih baik, membuat sistem kerja yang lebih baik, dan jangan lupa membuat prioritas, karena terkadang bukanlah waktu yang kurang, tetapi prioritas yang salah.

 

Facebook Comments
News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: