Ahli Belum Tentu Benar

Berikut saya kutip dan olah dari buku “membangun relasi” – Dale Carniege

Ceritanya ada seorng mahasiswa bernama fred smith yang menjadi mahasiswa di kelas ekonomi di Yale University, dosennya menyatakan bahwa biaya kargo barang udara akan menjadi sumber pendapatan utama untuk maskapai penerbangan.

Smith lalu membuat sebuah makalah yang tidak menyetujui hal tersebut, alasannya dia berpendapat bahwa rute peberbangan untuk penumpang tidak cocok untuk angkutan barang, oleh sebab itu dia berpendapat  biaya tidak akan turun walau volume bertambah. Dan satu satunya cara meraup keuntungan untuk angkutan barang adalah melalui sistem baru yang sepenuhnya dapat menjangkau tkota – kota yang lebi kecil dimana kota kecil memiliki frekuensi yang lebih jarang untuk angkutan penumpang. Dosennya menganggap makalah smith tidak layak dan memberikan nilai rendha untuk makalah fred.

Tetapi fred tidak membiarkan hal itu menghalanginya, konsepnya adalah membuat suatu maskapai penerbangan angkutan barang yang akan berjalan di malam hari saat bandara sepi dan memilkiki maskapai khusus untuk angkutan barang dengan prioritas tinggi yang menekankan bahwa kecepatan lebih penting daripada biaya.

Dan antusiasme dan kegigihan Fres smith akhirnya menghasilkan Federal Express, yang saat ini adalah  salah satu perusahaan pengiriman barang terbesar di dunia yang merevolusi industri transportasi.

Ide anda tidak harus disetujui orang lain

Apa yang hari ini benar, muingkin kemarin adalah hal yang dikatakan salah. 500 tahun lalu orang menganggap bumi ini datar kan.  Ide apapun yang anda miliki, segila apapun ide itu, tetapi kalau anda yakin itu benar, jalanilah, dan tidak harus orang lain setuju dengan ide ada.Jangan selalu menunggu persetujuan orang lain untuk berjalan.

Satu cerita juga pernah saya baca tentang DropBox yang saat ini adalah pionir dalam bidang penyimpanan digital di internet /. Cloud Storage ketika ide ini dicetuskan, Steve Jobs , pendiri Apple, memberikan komentar bahwa ide itu lebih ke arah sebuah fitur dan bukan sesuatu yang bisa berdiri sendiri, tetapi kenyataan membuktikan lain, drop box bisa menjadi suatu perusahaan dengan fungsi yang berdiri sendiri.

Setidaknya, kalau ide anda ternyata salah, anda telah membuktikan bahwa itu salah dan tidak menyerah hanya karena orang lain tidak setuju atau tidak memahami ide anda.

photo_2016-09-02_10-00-08

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: