Ubah kata, Ubah Hidup

Cara paling mudah untuk mengubah hidup adalah dengan mengubah kata – kata yang kita ucapkan. Orang bijak berkata “hidup dan mati dikuasai lidah, siapa menggemakannya akan memakan buahnya”.

Saya bukan ahli hipno terapi, tetap kadang – kadang saya suka baca artikel dan salah satunya tentang hipnoterapi. Kira – k ura isinya adalah setiap apapun yang kita lihat dan kita dengar, secara tidak sadar akan masuk ke alam bawah sadar kita dan akan mempengaruhi apa yang kita lakukan, dan secara tidak langsung akan mempengaruhi hidup kita.

ada yang bebicara seperti ini,

“apa bedanya orangkaya dan orang miskin ?

orang kaya kalau ke restoran lihat sisi kiri, orang miskin liat ssisi kanan”

maksudnya adalah orang kaya melihat menunya apa, orang miskin melihat harganya berapa . Maksudnya untuk menentuka dia mampu beli atau engga. Kalau oranmg kaya, yakin bahwa dia mampu beli.

Menurut saya, ii juga masalah psikologis. Bukan hanya masalah uang yang dimiliki, tetapi juga mental. Kalau si miskin, hanya akan  berpikri, “Saya mampu engga ya”

sementara si kaya karena punya uang, akan berpkir “saya pasti bisa bayar”.

Bagaimana agar saya bisa

Saya tidak sedang mengatakan bahwa, habis anda baca ini, anda langsung ke restoran dan pesan semua makanan tanpa lihat harga, bukan itu.

tetapi kta ambil sisi positifnya.

orang kaya tidak meragukan kemampuannya, dia yakin bahwa dia mampu, dan kalau dia tidak mampu, dia akan cari cara agar mampu.

Si kaya tidak akan merendahkan dirinya dan berkata “saya tidak bisa”, tetapi dia akan berkata “Bagaimana cara agar saya bisa”

Itu, Mentalitas yang harus kita pelajari

Ubah kata, Ubah hidup

Hal yang palng sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan belajar untuk mengubah kata – kata yang kita katakan. Berhenti berkata “saya tidak bisa” ubah menjadi “bagaimana agar saya bisa melakukannya”. Memang tidak instan, tidak seketika anda bekrata “SAYA BISA”, maka anda langsung bisa

Tetapi dengan anda mengubah kata – kata yang anda ucapkan, maka dalam  alam bawah sadar anda , juga akan mengalami perubahan. Dari yang sebelumnya melihat “harga” alias  masalah , menjadi melihat “menu” alias manfaat.

Tentus aja dalam semua hal yang anda kejakan pasti ada harga yang harus anda bayar. jadi jangan kuatir dengan harga, karena semuanya juga harus bayar kok hehehe.

Kalau anda punya anak, berhenti bekata negatif, berhenti mengkritik, tetapi mulailah memberi contoh yang baik. Saya punya pengalaman bagaimana secara mudah mengajarkan anak untuk cuci piring. Tanpa banyak bicara, selama 1 minggu , setiap kali setelah makan, saya b erkata “ma, papa cuci piring dulu ya” lalu saya cuci piring. Setelah 1 minggu , tiba – tiba si anak berubmur 3 tahun , naik ke atas kursi, ke tempat cuci piring,dan cuci piring sendiri.

Daripa capek terus menyruuh anak melakukan sesuat yang kita inginkan, lebih baik tunjukan suatu contoh. Sebab setiap kata – kata negatif yang di ucapkan , dalam alam bawah sadar akan tertancap, dan untuk anak kecil, akan tertancap lebih kuat lagi.

Kata – kata Positif

Beriku daftar kata – kata positifyang saya rangkum

Mampu, bisa, kuat, ajaib, sabar, kasih, sukacita, damai, bersemangat, nilai,kaya, berkembang, untung, amazing, penting, tak terbatas, spesial, khusus, baik, apresiasi, terima kasih, kamu hebat, kamu baik, kamu sabar ya, sabar itu ga apa – apa, sabar itu boleh kok, boleh sabar kok, semua baik, wow, keuntungan, impian, harapan, iman, Doa, bahagia, inspirasi, bermakna, sempurna, mungkin, hormat, aman, bijak, kerjasama, tanpa sayarat, keseluruhan, selamat, salam, positive, kedewasaan, kreativitas, lebih baik, lembut, sejati, memperhatikan, sehat, tenang, selamat pagi, semangat siang, istirahat, kekuatan,cantik, melebihi, berkat, peduli, mampu, hangat, kontribusi, fresh, segar, bebas. 

Contoh

Suatu ketika ada pembagian hadiah di sekolah , dan sepertinya anak saya agak tidak sabaran, saya lalu berkata :

“greg boleh sabar kok”

Sabar itu engga apa – apa

Sabar itu Boleh kok

bisa sabar ya…

Daripada berkata “kamu harus sabar”

Juga saya memperhatikan, kalau saya berkata “kalau engga makan, engga boleh ikut”

saya coba aplikasikan kata lain “Nanti gergory ikut setelah selesai makan”, terbukti lebih sukses, sebab anak / orangh lain akan memikirkan Dampak posituif yang dia dapatkan setelah melakukan sesuatu yang kita inginkan.

Jadi fokuslah pada kata – kata yang baik, dan hidup anda akan berubah

 

 

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: