11 Makanan Diet “HEMAT” – Tinggi serat

Makanan diet dan gaya hidup sehat, terkadang di identikan dengan harga yang mahal, Tidak salah juga sebab beberapa makanan deiat yang tergolong “superfood” memang harganya mahal, misal Gojiberry dan Chiaseed , yang sekilonya bisa mencapai RP. 200.000-300.000 . Tentu saja karena budget terbatas, kalau saya memakai kedua jenis makanan di atas, maka kantong yang akan kempes mendahului perut 😀

Jadi saya yang “agak pelit” ini, mencoba mencari -cari makanan diet apa yang paling murah sekaligus bernilai gizi tinggi. Saya akan bagi menjadi dua bagian , yaitu tinggi serat dan tinggi protein. Dalam tulisan kali ini saya akan membahas yang tinggi serat

Per harinya, manusia membutuhkan 28-36 gram serat , 100 gram nasi putih hanya mengandung 0.4 gram serat, sehingga untuk memenuhi kebutuhan serat hanya dari nasi saja anda harus makan 7 Kg nasi 😀 jumlah yang sangat banyak 😀 bayangkan jumlah kalorinya.

Di sisi lain, bayam mengandung 2.4 gram serat per 100 gram, berarti anda harus makan 1.5 kg bayam untuk memebuhi kebuhtuhan serat harian. Dan bayangkan bayam 1.5 Kg.. Gila aja hahahaha..

Nah ternyata jika anda tau jenis makanan yang tepat, serat 36 gram tidaklah sulit dicapai , sebagai contoh Chia seed yang saya katakan di atas muahal, mengandung 34 gram serat per 100 gram, dan ,makan 100 gram chia seed cukup untuk memenuhi kebutuhan serat sehari, tetapi sehat tidaklah selalu mahal. ada juga yang murah meriah.

Makanan – makanan di bawah ini semua pernah saya coba sendiri dalam proses diet saya

11 Makanan Diet “HEMAT” – Tinggi serat

Agar – agar

Agar – agar , Plain, tanpa tambahan gula, merek swallow, mengandung 8 gram serat per bungkusnya, tidak hanya itu, 8 gram serat tersebut hanya  mengandung 20 Kalori saja sehingga bisa dikatakan Agar – agar adalah slaah sat7u makanan tinggi serat dan rendah calori, serta aman untuk kantong anda. (ingat, tanpa tambahan gula)

Agar – agarr, 8 Gram Serat, 20 Calorie, 2.5 calorie  / gram serat

Rekomendasi, makan agar – agar Plain dicampur plain / low sugar yoghurt

Wortel

Wortel ternyata per 100 gramnya (sudah direbus) mengandung 3 gram serat dengan hanya 35 kalori saja. Harga wortel juga sangat murah dan mudah didapatkan baik di pasar tradisional maupun supermarket

Tomat

Salah satu makanan favorit saya, apalagi digabung dengan steak, 100 gram tomat (setrata dengan 1 buah tomat) mengandung 1.2 gram serat dan hanya 18 kalori saja. Rekomendasi menu, tomat dipotong bagi 2 dan digoreng / dipanggang dengan minyak sedikit , dimakan dengan steak ayam (fillet dada tanpa lemak), boleh tambah saos cabe.

Kacang Hijau

Makanan yang biasa dimasak ibu – ibu , ternyata kadar prtoein dan seratnya sangat tinggi, per 100 gram kacang hijau (belum dimasak) mengandung 16 gram serat dan juga 347 calori, sehingga hanya dibutuhkan 700 kalori dari kacang hijau  (200 gram) untuk memenuhi kebutuhan serat sehari. Tapi ingat, jangan tambahin santan dan gula merah 😀

Plain Yoghurt

Sebelum beli yoghurt, baca kembali labelnya, beberapa yoghurt mengandung sangat banyak gula yang akan meningkatkan nilai calori (duimana kalau diet, sebisa mungkin kaori dari gula dikurangi). Cari yogurt yang tiggi protein, tinggi serat tetapi rendah gula.

Beberapa jenis yogurt seperti heavenly blush  menganduing 3-4 gram serat dengan calorie hanya 90-10 Calori, ada juga yang 8 gram serat dengan hanya 160 Calorie

Quaker Oat

Makanan oma opa, memang rasanya tidak enak kalau tidak terbiasa, tetapi saya telah menemukan satu resep yang membuat quaker oat menjadi cukup enak, yaitu dengan memasak Oat BUKAN menggunakan air tetapi susu skim / susu tanpa lemak, awalnya saya pesimis, sebab susu tanpa lemak rasanya tidak enak,tetapi setelah dicoba rasanya sangat enak, oh iya, jangan lupa tambahin garam agar lebih gurih.

Per 100 gramnya, (mentah) quaker oat megandung 10 gram serat serta 367 kalori.

Cocoa Powder

Bergembiralah kalau anda penggemar cokelat, cocoa powder adalah bahan pembuat cokelat. Kalau Cokelat batangan, biasanya mengandung banyak gula, maka cocoa powder murni coklat tanpa gula.

Per 100 Gram cocoa powder mengandung serat yang sangat banyak, yaitu sebesar 33 gram serat. dan hanya 228 Calori, sehingga anda tidak perlu takut makan cocoa powder, ya memang pahit, dan mungkin karena kalorinya yang rendah, anda bisa tambahkan sedikit susu / gula , secukupnya.

Lentils

Lentils memang tidak populer di indonesia, namun masih bisa didapatkan di toko-   toko online dengan harga yang cukup terjangkau, Rp. 70.000 / kilogram

Per 100 gramnya , lentuil mengandung 31 gram serat dan hanya 353 Calorie, menjadikan 100 gram lentil cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Apalagi hanya dibutuhkan waktu 30 menit untuk memasak lentil, cukup anda cuci, dan masak dengan air sedikit selama 30 menit, dan lentil siap disajikan.

Alpukat

per 100 gram apukat mengandung 160 kalori dan 7 gram serat, selain itu, apukat juga mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan.

Jambu Biji

Awlanya saya tidak suka jambu biji, tetapi letika tau bahwa 1 biji hambu biji (+- 200 gram) mengandung 10 gram serat, saya kalau ke pasar sellau cari jambu biji. APali harganya snagat murah Hanya RP. 15.000 / kilogram , per 100 gram jambu bijj mengandung 5 Gram serat dan hanya 70 calorie saja

Buncis

Nah , buncis ini karena salah satu makanan favorit saya, kalau isteri saya makan buncis  4 ikat besar (sekitar 1-1,5 kg), saya dan anak saya biasa rebuta habisin buncis, memang enak banget dan juga gampang dikunyah.

Bukan hanya itu tetapi buncis juga mengandung 3.4 gram serat per 100 gram dan sangat rendah kalori, hanya 31 kalori per 100 gram nya.

Facebook Comments
News Reporter

2 thoughts on “11 Makanan Diet “HEMAT” – Tinggi serat

Leave a Reply

%d bloggers like this: