Kenapa tubuh banyak lemak ? –> INSULIN

Salah satu alasan kenapa akhir – akhir ini begitu orang yang mulai menghindari makan karbohidrat (termasuk nasi) adalah karena mengandung gula yang sangat banyak. Alasannya sederhana, ketika nasi, gula maupun makanan tinggi karbohidrat masuk ke dalam tubuh, tubuh lantas langsung memproses semua makanan tersebut dan mengubahnya menjadi Gula darah.

Karena otak makanannya adalah gula, maka otak akan secara kegirangan untuk menerima gula. Oleh sebab itu kita paling sulit mengurangi karbo, sebab Otak sangat menyukai gula. Dan ketika kita makan nasi, atau karbo, akan terdorong untuk makan lebih banyak lagi. Sebab otak suka karbo/gula.

Di sisi lain, ketika anda hanya butuh 100 kalori gula, tetapi makan 200 kalori gula, maka anda akan kelebihan gula darah, dan respon tubuh orang normal adalah, tubuh mengeluarkan insulin dimana insulin ini akan mengubah kelebihan gula darah menjadi lemak. Sesimpel itulah kenapa makan karbo cepat gendut.

Maslaah berikutnya adalah, tuubuh cenderung sangat cepat dalam mengolah karbo menjadi gula darah, sehingga teh gula, kopi manis, nasi, dengan snagat cepat akan menaikan gula darah, sehingga langsung insulin dikeluarkan dan mengubah gula dan nasi menjadi lemak.

Sehingga misalnya, walau dari siang sampai malam anda butuh 1500 kalori misalnya, di sinag hari anda makan 1500 kalori, dan di siang hari anda hanya butuh 500 kalori, maka kelebihan 1000 kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh menjadi lemak, dan dimalam hari anda akan tetap kelaparan.

Dan walau anda menahan lapar,tetapi lemak sudah terolanjur terbentuk, dan sangat sulit bagi lemak yang sudah terbentuk untuk kembali menjadi dibakar dan menjadi energi.

Sehingga solusinya adalah,

1. kalau sehari anda butuh 2000 kalori, maka makanlah secara bertahap, sebab makan secara bertahap dalam porsi kecil, akan mengurangi potensi terjadinya peningkatan yang drastis dalam gula darah (yang mana meningkatkan insulin dan mengubah gula menjadi lemak)

2. meningkatkan asumpan serat ./ fiber. Maknaan sehari – hari yang saya lihat memang sangat sedikit jumlah seratnya. Jangan salah, sayuran pun seratnya tidak terlalu banyak. Nasi 100 gramnya (150 kalori) hanya memgandung 0/.9 gram serat sementara manusia dewasa membutuhan 28-36 gram serat sehari.

Baca :  11 Makanan Diet “HEMAT” – Tinggi serat

Serat sifatnya lebih mengikat makanan, sehingga memperlambat proses pencernaan, alhasil anda akan lebih lama kenyangnya (sebab akan merasa kekenyangan) dan kalau anda makan 500 kalori,  serat makanan yang tinggi akan membantu tubuh untuk mengolah karbohidrat secara perlahan, sehingga tidak terjadi peningkatan gula darah secara drastis (membantu SLOW RELEASE)

3. Makan protein

Tidak seperti nasi dan karbo, protein tidak akan meningkatkan gula darah, sebab proteiin bukan gula. Sehingga makan banyak protein tidak akan meningkatkan produksi insulin. Protein juga sumber energy yang tubuh butuhkan, tetapi anda tidak akan menglaami kelebihan berat badan kalau makan proteiin (protein murni, misal dada ayam tanpa lemak atau susu protein whey).

karena kalau tubuh kelebihan protein, maka protein tersebut akan dibuang, tidak seperti karbo yang disimpan jadi lemak. Selain itu, protein juga membutuhakan energy yang sangat besar untuk di olah, 100 kalori protein butuh 30 kalori untuk dipakai, sehingga akan membantu membakar lemak. Selain itu, makan prote8in terbukti lebih tahan lapar daripada karbo

 

Kesimpulan

3 Solusi masalah insulin

  1. Makanlah karbo secara bertahap dalam porsi yang kecil
  2. Makanlah makanan yang mengandung banyak serat agar tubuh lebih perlahan mengolah karbo agar tidak terjadi spike gula darah dan insulin
  3. Makan protein yang tidak meningkatkan insulin, serta membantu membakar lemak

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s