Salah satu alasan kenapa saya akhir – akhir ini sangat ingin hidup sehat adalah, karena sebenarnya hidup sehat itu biayanya sangat murah. Bahakn lebih murah daripada hidup yang tidak sehat. Kita masih belum membicarakan biaya dokter, hanya makanan saja.

Untuk bisa mengerti bagaimana murahnya hidup sehat, pertama – tama kita harus mengerti dulu yang namanya NIlai gizi per rupiah.

Secara simpel aja, Karbohidrat ./ Gula adalah makanan yang paling murah, TETAPI juga yang dijual paling mahal, ya karena otak suka makan gula, makanya ketika makanan manis, cenderung lebih gampang laku.

1 Kilogram gula harganya hanya RP. 14.000 alias 1 gram hanya RP. 14 rupiah

Sementara protein lebih mahal, denghan standart daging ayam 100 gram ayam RP. 4000 (mengandung 33 gram protein) maka 1 gram protein harganya RP. 122 harga protein 9x lebih mahal daripada karbohidrat.

Dan yang paling bikin saya ketawa adalah, cukup banyak label makanan di Minimart yang mencatumkan label HIGH PROTEIN, tetapi lebih banyak gula daripada proteinnya, terkadang gula 7 gram tetapi protein bisa hanya 4 gram.

Dan yang lebih mengesankan lagi, kalau saya baca label nutrisi, terkadnag snack yang mengandung nilai gizi Gula 20 Gram, bisa dijual dengan harga > RP. 5000. Padahal kalau anda memang butuh gula, anda cukup makan teh gula dengan modal RP. 200 rupiah saja.

Hidup Sehat itu murah

Dari apa yang saya paparkan di atas, kita ketahui bahwa protein adalah makanan paling mahal. Karena Harga 1 gramnya RP. 122 rupiah sementara Karbohidrat (gula) hanya RP. 14 rupiah per gram.

Sehingga dsalam memilih makanan, kita harus membandingkan harga makanan tersebut dengan nilai gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Kenapa say akatakan hidup sehat itu murah ?

Saya perhatikan , rata – rata saat ini snack di pasaran dijual dengan harga RP. 5000 – 10.000 tetapi hanya mengandung 2-5 gram Proteinsaja dengan mayoritas kandunugan karbohidrat, yang berarati dalam rupiah, nilai gizi Snack di pasaran hanya di bawah RP. 1000 rupiah, Selebihnya anda hanya bayar Rasa, merek dan profit perusahaan. Tidak salah sesekali makan snack sih.

Tetapi jika anda ingin uang anda bernilai tinggi, maka RP. 5000 rupiah tersebut bisa anda belikan 100 gram daging ayam yang mengandung 33 gram Protein. Murah bukan. Dan kalau anda merasa ayam mesti dimasak denganb proses yang merepotkan, anda bisa Susu protein (whey protein) yang tinggal tambah air saja.

22 gram protein dalam susu protein harganya RP. 7.000-10.000 (tergantiung merek), jauh lebih murah bukan daripada snack di pasaran yang tinggi gula (nilai rendah) dan rendah protein.

Hidup sehat itu, murah, apalagi kalau hitung biaya dokter hehehe,.

Baca juga : 9 makanan murah dengan nilai protein tinggi

https://sukses123yes.com/2016/11/19/9-makanan-minuman-tinggi-protein-murah/

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: