Mie instan  makanan Tak sehat ?

orang indonesia memang suka makan mie instan , dan walau banyak teman sering bilang bahwa mie instan  adalah makanan yang tidak terlalu sehat, tetapi toh mereka paling rajin makan mie instan .

Mie instan Tidak sehat

Ini adalah anggapan umum banyak orang, tetapi setelah say amulai belajart mengenai Gizi, saya mulai mengerti bahwa tidak ada makanan yang paling sehat ataupun paling tidak sehat, dan tidak  semua makanan instan itu tidak sehat, juga tidak semua makanan yang dimasak (non instan) itu sehat.

Tidak Seimbang

Ternyata, bukannya mie instan tidak sehat, tetapi kandungan gizinya tidaklah seiumbang. Setelah say baca label salah satu merek mie instan, terntata dalam 1 bungkus hanya mengandung 380 kalori saja, dan menurut saya tergolong kalori menengah, karena hanya 380 saja. Setara dengan makan nasi 2 piring.

tetapi Masalahnya adalah

dari 380 kalori tersebut terkandung

54 Gram Karbohidrat

13 Gram lemak

dan Hanya 8 Gram protein

dan hanya 2 gram serat.

380 gram kalori tidak masalah (karena 3-4 buah apel pun setara dengan 380 kalori)

tetapi masalahnya adalah ketidak setimbangan kandungan komponen makronutrisi (karbo – Protein – lemak)

Idealnya perbandingan antara karbohidrat dan proten adalah 2:1 yang berarti kalau Mie instan di atas mengandung 54 gram karbohidrat, maka minimal harus mengandung 27 gram protein.

Yang berarti , mis instan akan memilki kandungan gizi yang lebih ideal apabila makan mie instandisertai dengan tambahan protein, sebagai contoh saya coba tambahkan 2 butir telur goreng (13 gram protein) , 1 buah sosis ukuran kecil (3 hram protein) dan beberap butir almond, 2 gram protein sehingga memberkan tambaghan total 19 gram protein.Alhasil yang tadinya kanduungan protein mie instan hanya 8 gram, ditambah 19 gram protein, total akan menjadi 27 gram protein

Sehingga target rasio karbohidrat – protein pun akan tercapai 54:27 = 2:1

Kurang serat

Selain protein yang kurang, serat hanya 2 gram saja, sementara untuk makanan 380 kalori, minimal ada kandungan serat sebesar 5-6 gram, sehingga solusinya adalah dengan menambahkan satu buah mangga dan yogurt (untuk kesehatan pencernaan), dan sebagai solusi yang lebih sederhana, anda juga boleh mengganti mangga dengan minuman ber-serat tinggi, misal Veget*

Lebih lama Kenyang

Dengan kandungan gizi yang lebih seimbang, maka lama waktu anda menjadi kenyang pun akan menjadi snagat panjang, sebagi contoh, kalau hanya mie instan cuman tahan 3 jam terus lapar, dengan tambahan gizi seimbang, anda bisa tahan laprar hingga 6-7 jam.

Mie instan pun jadi sehat

Dengan menambahkan 2 butir telur, sedikit sosis, dan almond serta salad buah, maka mie isntan pun akan menjadi makanan sehat dengan gizi seimbang,m danmurahjuga kan 2 butir telur hanya RP. 2400 dan 1 potong sosis dan lamond juga hanya Rp. 2500 hanya dengan tambahan Rp. 5000 maka anda akan dapat menikmati mie instan kesayangan tanpa takut kandugan gizi yang kurang keimbang.

Facebook Comments

News Reporter

1 thought on “Mie instan makanan Tak sehat ?

Leave a Reply

%d bloggers like this: