Saat ini obesitas menjadi salah satu masalah yang besar. Sangkiong besarnya masalah obesitas, beberapa pemerintah negara telah melakukan Pajak Terhadap gula, dimana produsen amkaanan atau minuman yang menggunakan gula dalam kadar tertentu harus membayar pajak lebih banyak, karenaobesitas telah menjadi epidemi dan dalamjangka panjang akan memberatkan keuangan negara yang menegarpkan health care untuk merawat penderita obesitas yang berpotensi menjadi diabetes.

Alasan utama terjadi obesitas adalah karena saat ini kita hidup di jaman harga makanan yang sangat murah. Sebagai contoh, harga gula di indonesia 1 kilogram hanya Rp. 13.000 -15.000 saja dan 1 kilogran gula mengandung 4000 kalori, atau hanya dengan RP. 13.000 dengan diet 2000 kalori, bisa buat hidup 2 hari.

Sehingga dengan gaji UMR 3 juta rupiah, SIAPAPUN bisa menjadi obesitas, karena RP. 3.000.000 cukup untukembeli 230 kilogram Gula. atau dengabn asumsi hanya makan gula saja, gaji sebulan cukup untuk membeli gula untuk kebutuhan 460 hari ( asumsi 1 kg buat 2 hari) atau 1 bulan gaji cukup untuk 1.3 tahun  makan Gula.

Ini adalah contoh yang paling sederhana, dimana obesitas bulan lagi menjadi penyakit orang berduit tebal, tetapi siapapun bisa menjadi obesitas karena harga bahan pangan yang sangat murah.

Anda mungkin berpikir , tidak mungkin makan gula setiap hari, tetapi ternyata harga Beras, tepung dan minyak goreng juga kurang lebih tidak beda jauh dengan gula, Beras 1 kilogram hanya RP. 8000-13.000, Minyak goreng per liter 13.000 ( dengan kalori 2x gula) dan tepung sekitar 10.000 per kilo.

Sehingga sebenarnya di Indonesia, dengan gaji minimum, anda tidak mungkin kelaparan, bahkan kalau and atidak megendalikan konsumsi karbohidrat, anda cenderung akan menderita obesitas.

Apalagi dengan perkembangan teknologi, maka kebutuhan kalori manusia moderen menjadi lebih kecil. Kalau dulu ke kantpor jalan kaki, saat ini ke kantor dengan motor atau mobil , sehingga kebutuhan kalori menjadi lebih kecil.

Di sisi lain , kehidupan manuia moderen yang cenderung lebih stress (kerja administrasi) akan membuat otak kita menuntut lebih banyak gula (karena otak makan gula) sehingga tanpa kita sadari, kalau tidak dikendalikan, konsumsi gula akan menjadi masalh yang besar di jangka panjang.

 

Facebook Comments
News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: